Pj Bupati Barsel Perhatikan Ketersediaan Nakes di Puskesmas

Pj Bupati Barsel Perhatikan Ketersediaan Nakes di Puskesmas

Palangkanews.co.id # Buntok – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah telah meninjau dan memperhatikan Puskesmas yang ada di 6 kecamatan khususnya wilayah Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Barsel, yang sudah dikunjungi olehnya bersama unsur Kepala Satuan Organisasi Pemerintah Daerah (SOPD) setempat.

Pasalnya, untuk menyerap aspirasi dan pembangunan yang merata, demi keperluan pelayanan di tingkat kecamatan, sehingga sampai ke pelosok pedesaan. Namun setiap dalam kunjungannya ia selalu memperhatikan terpusat ke Tenaga Kesehatan (Nakes) itu salah satu pusat perhatiannya.

Karena dengan adanya dokter, baik itu dokter umum maupun dokter spesialis itu sangatlah penting untuk melayani kesehatan masyarakat, sehingga warga bisa terbantu ditangani dengan baik tanpa harus terkendala dengan alasan tidak ada dokternya di puskesmas itu.

“Karena banyak daerah yang kita kunjungi dengan menggunakan akses yang kebanyakannya melewati sungai, tentu itu membutuhkan waktu, mereka menuju rumah sakit yang ada di kota Buntok”,

“Bagaimana pelayanan kesehatan yang harus diperhatikan?

“Terutama oleh tenaga medisnya, minimal dokter terbesarny ada 2 untuk 6 puskesmas di 6 kecamatan itu,” tegas Deddy Kamis (8/6/2023).

Selanjutnya ia menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan hal tersebut, ia meminta kepada Asisten Pemerintah termasuk instansi terkait ikut juga memperhatikan kebutuhan Nakes yang berada di pelosok desa agar dapat pemerataan yang bisa dirasakan mamfaatnya oleh masyarakat, namun yang paling diutamakan adalah dokternya, itu harus ada 2 dokter yaitu.

“Dokter Umum dan Dokter Gigi, jadi itu sudah saya instruksikan kepada Dinas terkait, bahwa kebutuhan Nakes menjadi perhatian serius agar apa yang mereka butuhkan bisa terpenuhi, supaya penanganan kesehatan mereka kepada warga terjamin, ” beber Deddy.

Ia juga meminta agar penerimaan Tenaga P3K tambahnya, agar bisa menjadi jawaban atas kekurangan tenaga tersebut, baik tenaga administrasi hingga kesehatan supaya bisa ditempatkan dibeberapa desa.

” Supaya apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di pedesaan bisa terpenuhi,” pungkasnya.

Pewarta : H. Assjian
Sumber : Deddy.

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News