Pj Bupati Barsel Lantik 17 Orang Kepala Desa Terpilih Massa Bhakti 2022-2028

Pj Bupati Barsel Lantik 17 Orang Kepala Desa Terpilih Massa Bhakti 2022-2028

Palangkanews.co.id/// Buntok – Hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak pada 17 November 2022 lalu, ada 17 orang Kepala Desa terpilih yang resmi di lantik Penjabat (Pj) Bupati Barsel Lisda Arriyana, S.,Sos pada hari Kamis (15/12/2022) tempat acara pelaksanaan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Jaro Pirarahan jalan pahlawan Buntok.

Namun di antara kepala desa terpilih itu ada 1 (satu) Perempuan atau Srikandi yang terpilih bernama “Aya” dari Desa Muara Arai Kecamatan Karau Kuala. Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah (Kalteng). Pj Bupati (Barsel), Lisda Arriyana, S.,Sos telah melantik sekaligus mengambil sumpah jabatan kepada 17 orang Kepala Desa (Kades) terpilih masa bakhti 2022-2028.

Pj Bupati Barsel Lisda Arriyana mengatakan, pelantikan Kades ini merupakan ketentuan Pasal 42 ayat (2) Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Barsel Nomor 7 tahun 2015 tentang tata cara Pilkades, sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Perda Nomor 5 tahun 2022 tentang tata cara Pilkades.

Menurutnya, selain melaksanakan ketentuan tersebut, tujuan dilaksanakan pengambilan sumpah/janji memiliki makna mendalam, karena itu Kades yang telah disumpah harus benar-benar menyadari tugas dan fungsinya, sebagai aparatur desa serta semua perbuatannya dengan sunguh-sunguh.

“Mengingat beratnya tugas dan tanggungjawab yang diemban ke depannya meliputi penyelenggaran pemerintah desa, pembinaan masyarakat desa dan pemberdayaan masyarakat desa,” kata Lisda Arriyana kepada wartawan usai pelantikan.

Ia menambahkan, Kades yang dilantik hari ini agar segera menyesuaikan diri, saling bekerjasama, berkoordinasi dan bersinergi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kelembagaan, dengan mempelajari berbagai ketentuan terkait pelaksanaan tugas dan tanggungjawab aparatur desa. dengan mempelajari berbagai ketentuan terkait pelaksanaan tugas dan tanggungjawab aparatur desa. “Sehingga bisa terjalin pola kerjasama yang harmonis,” ucapnya.

Tidak sampai di situ saja Lisda menambahkan, Kedes yang sudah dilantik diharapkan bekerja sesuai aturan yang telah ditentukan, terutama peraturan tentang desa dan peraturan-peraturan yang ada di Pemerintah Daerah Barsel, agar nantinya para Kades terpilih dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya, serta dapat bekerja dengan sungguh-sungguh, dan menjalankan visi dan misi yang telah diprogramkan untuk tahun mendatang demi kemajuan desa dan masyarakat.

“Mengingat beratnya tugas dan tanggungjawab yang diemban ke depannya meliputi penyelenggaran pemerintah desa, pembinaan masyarakat desa dan pemberdayaan masyarakat desa,” ujar Lisda Arriyana kepada wartawan usai pelantikan.

Selanjutnya, Kedes yang sudah dilantik diharapkan bekerja sesuai aturan yang telah ditentukan, terutama peraturan tentang desa dan peraturan-peraturan yang ada di Pemerintah Daerah Barsel, agar nantinya para Kades terpilih dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya, serta dapat bekerja dengan sungguh-sungguh, dan menjalankan visi dan misi yang telah diprogramkan untuk tahun mendatang demi kemajuan desa dan masyarakat.

Tambahnya lagi, sebagai Kades mempunyai tugas dan fungsi untuk mengawasi dan mengawal penggunaan Dana Desa (DD)

Pewarta : Assjian
Sumber : Lisda Arriyana, S., Sos

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News