Pj Bupati Barsel Dorong Peningkatan Kualitas Pembangunan dan Pemerataan Ekonomi

Pj Bupati Barsel Dorong Peningkatan Kualitas Pembangunan dan Pemerataan Ekonomi

Palangkanews.co.id // Pemkab Barsel –
Buntok – Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan, Dr. H. Deddy Winarwan, membuka Forum Perangkat Daerah (FPD) 2024 di Aula Bappeda Kabupaten Barito Selatan pada hari Kamis (21/03/2024). Tujuan utama FPD ini adalah untuk menyelaraskan pelaksanaan urusan pemerintahan daerah dalam merumuskan program dan kegiatan yang sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Dalam sambutan dan arahannya, Dr. H. Deddy Winarwan menekankan sejumlah prinsip penting terkait Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Barito Selatan untuk tahun 2025. Prinsip-prinsip ini diarahkan untuk mengamankan alokasi dana pada program prioritas dan meningkatkan efisiensi belanja prioritas.

Pertama, Dr. H. Deddy Winarwan menyerukan perlunya memastikan bahwa kebijakan dan program pembangunan mencerminkan kebutuhan, aspirasi, dan peran yang setara antara pria dan wanita. Kedua, dia menekankan pentingnya peningkatan infrastruktur yang berkelanjutan dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat, serta peningkatan penataan ruang terbuka hijau dalam perencanaan kota.

Ketiga, Dr. H. Deddy Winarwan memandang sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai pilar pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Dia mengajak untuk memberikan dukungan keuangan, akses pasar, dan pelatihan yang diperlukan bagi sektor ini.

Keempat, Dr. H. Deddy Winarwan mendorong keterlibatan masyarakat dalam pemetaan kemiskinan dan stunting di tingkat lokal untuk memahami masalah dan tantangan yang sedang dihadapi. Dia juga mendorong inovasi dan penerapan teknologi untuk meningkatkan efisiensi di berbagai sektor ekonomi, yang dapat membuka peluang baru untuk pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi.

Akhirnya, Dr. H. Deddy Winarwan menyerukan proses perencanaan yang transparan, partisipatif, dan berkelanjutan. Dengan demikian, program pembangunan tidak hanya bagus secara sektoral, tetapi juga bermanfaat secara universal.

Forum Perangkat Daerah tahun ini mengangkat tema pertumbuhan ekonomi yang berkualitas untuk pemerataan pendapatan, pengentasan kemiskinan dan membuka kesempatan kerja yang luas.

Acara ini dihadiri oleh Anggota Forkopimda Kabupaten Barito Selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Selatan, Kepala Kanwil Kementerian/LPNK/Instansi Vertikal di Kabupaten Barito Selatan, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Barito Selatan, Camat se-Barito Selatan, perwakilan delegasi dari 6 kecamatan se Kabupaten Barito Selatan, tokoh masyarakat/tokoh agama, unsur perguruan tinggi di Kabupaten Barito Selatan serta, perwakilan perusahaan dan BUMD di Kabupaten Barito Selatan.

Pewarta : H. Assjian
Sumber : Diskuminfobarsel.

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News