Personil Satgas PDB Karhutla Provinsi Kalteng Dengan Peralatan Sederhana

Personil Satgas PDB Karhutla Provinsi Kalteng Dengan Peralatan Sederhana

Palangkanews.co.id | Sejak ditetapkannya Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan berdasarkan SK Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 Nomor.188.44/258/2020 tanggal 30 Juni 2020 oleh Gubernur Kalimantan Tengah dari tanggal 1 Juli hingga 28 September 2020.

Dalam keposkoan Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020, personil yang tergabung dari Instansi/ Lembaga terkait sebagai anggota Posko. Wakil Komandan Pos Komando Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana (Satgas PDB) Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020, H.Darliansjah menjelaskan,

“Semua Anggota personil yang terlibat dalam posko induk PDB Karhutla Provinsi bertempat di Pusdalop PB Jalan Cilik Riwut Km. 3 Kelurahan Palangka Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya, terdiri dari Korem 102/Panju Panjung, Batalyon 631/Antang/Yonif Raider 631/ATG, Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Dinas Kehutanan Provinsi, BMKG, Balai PPI dan KHL Wilayah Kalimantan, DLH Provinsi, Dinas Sosial Provinsi, Satpol PP Provinsi, Forum PRB, Orari Provinsi, Orari Kota, TSAK Bukit Tunggal, Dinas Kominfo Santik Provinsi, TNI AU dan dari BPBPK Provinsi,” jelasnya.

Melalui Kepala Bidang Administrasi dan Keuangan, Flederick, pada hari Kamis (27/8/2020) menambahkan, “Semua personil yang mendukung dalam Posko Induk PDB Karhutla Provinsi, berjumlah sekitar ± 65 orang, dan dalam pelaksanaan kegiatan didukung dari Dana DPA-SKPD BPBPK Provinsi Kalteng Tahun Anggaran 2020,” ucapnya.

Personil Satgas PDB Karhutla Provinsi
Arius Oktavianus, saat melaporkan kejadian kebakaran Sementara itu Noor Aswad, selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan menambahkan, “Anggota personil yang tergabung dari Instansi/Lembaga terkait dan BPBPK, kita buatkan Surat Perintah Tugas per 10 hari tugas secara bergantian agar seluruh personil yang terlibat, ada kelonggaran waktu untuk istirahat dalam melaksanakan tugas-tugasnya di lapangan,” imbuhnya.

Sejak bergabung sebagai Pegawai Kontrak di BPBPK Provinsi pada tahun 2016, Arius Oktavianus, menceritakan, “Hampir setiap tahun saya dan teman-teman bertugas di Satgas Pemadaman Darat Posko PDB Karhutla Provinsi terlibat dalam keposkoan Karhutla. Seperti sekarang saya masih dipercayakan lagi menjadi Anggota Satgas Pemadaman Darat. Banyak sukanya yang kita temukan di lapangan.

Hal ini saya anggap menambah wawasan, pengalaman berupa edukasi yang tidak saya temukan dalam lingkungan sekolah di saat saya masih sekolah dulu,” ucapnya .

Sementara itu, Komandan Regu Satgas Pemadaman Darat Posko PDB Karhutla Provinsi, Megur mengatakan.

“Selama menjadi Komandan Regu Satgas Pemadaman Darat, saya merasa memang jiwa saya di sini begitu menyatu dengan pekerjaan. Saya lebih suka bekerja sebagai orang lapangan ketimbang sebagai tenaga administrasi,” ucapnya

Pewarta : Tim Erwan dkk
Sumber. : Biroprovkalteng
Ed/Red :. Syaiful

admin

admin