PERINGATAN HARI JADI KE-56 PEMKO PALANGKA RAYA DAN HARI JADI KE-64 KOTA PALANGKA RAYA SECARA VIRTUAL, DIHADIRI PLT. SEKDA KALTENG

PERINGATAN HARI JADI KE-56 PEMKO PALANGKA RAYA DAN HARI JADI KE-64 KOTA PALANGKA RAYA SECARA VIRTUAL, DIHADIRI PLT. SEKDA KALTENG

Palangkanews.co.id || Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Nuryakin menghadiri Peringatan Hari Jadi ke-56 Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya dan Hari Jadi ke-64 Kota Palangka Raya tahun 2021 secara virtual dari Aula Eka Hapakat, Lantai III Kantor Gubernur, Sabtu (17/7/2021).

Peringatan Hari Jadi sendiri dipusatkan di Rumah Jabatan Wali Kota Palangka Raya serta dihadiri Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Wakil Wali Kota Umi Mastikah, unsur Forkopimda Kota Palangka Raya, Sekda Kota Palangka Raya, dan Staf Ahli Wali Kota, serta sejumlah Kepala OPD Kota Palangka Raya. Peringatan kali ini juga dihadiri secara virtual, antara lain oleh Bupati se-Kalteng atau yang mewakili, akademisi, kalangan perbankan, serta tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh pemuda Kota Palangka Raya.



Dalam sambutan yang dibacakan Plt. Sekda Nuryakin, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan selamat, terima kasih, dan apresiasi kepada Wali Kota Palangka Raya beserta jajaran atas prestasi dan capaian dalam pembangunan, antara lain: memperoleh opini WTP dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Palangka Raya 5 kali berturut-turut; meraih Peringkat I Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Kualifikasi Menuju Informatif untuk Badan Publik kategori PPID Utama Kabupaten/Kota dari Komisi Informasi Provinsi Kalteng; serta meraih penghargaan Peringkat Kedua Kategori Pengendalian dan Pengawasan Pemerintah Kota Tipe B dari BKN tahun 2021.

Di samping itu, Kota Palangka Raya juga menjadi salah satu dari 259 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang memperoleh penghargaan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) untuk kategori Kabupaten/Kota Peduli HAM. Adapun sejumlah capaian indikator makro tahun 2020 yang berhasil dibukukan Kota Palangka Raya, antara lain pertumbuhan ekonomi sebesar 7,17%; Persentase Penduduk Miskin 2,44%; dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 80,77.

Pada kesempatan ini, Gubernur Kalteng juga menyampaikan penghargaan kepada mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, tokoh masyarakat, akademisi, dunia usaha, insan pers, dan semua elemen masyarakat atas jasa, pengabdian, dan kontribusinya dalam membangun Kota Palangka Raya agar semakin maju dan sejahtera. Gubernur pun berharap seluruh elemen masyarakat Kota Palangka Raya dapat semakin memperkokoh kebersamaan, dengan menjunjung Falsafah Huma Betang dan semangat Isen Mulang, untuk mewujudkan Kalteng Semakin BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis).

Hal tersebut selaras dengan tema peringatan tahun ini, “Sinergi, Kolaborasi, dan Integrasi dalam Mendukung Tercapainya Kalteng Berkah untuk Mewujudkan Kota Palangka Raya yang Maju, Rukun, dan Sejahtera untuk Semua”, serta sub tema “Dengan Semangat Hari Jadi Pemerintah Kota Palangka Raya Ke-56 dan Hari Jadi Kota Palangka Raya Ke-64, Bersama Kita Ciptakan Stabilitas Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Keagamaan di Masa Pandemi Covid-19 dalam Membangun Lingkungan Cerdas, Masyarakat Cerdas, dan Ekonomi Cerdas di Palangka Raya, Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila”.

Berkaitan dengan penanganan pandemi Covid-19, Gubernur mengajak seluruh elemen masyarakat Kalteng untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi. Melalui Surat Edaran Nomor 443.1/107/Satgas Covid-19 tertanggal 28 Juni 2021 tentang Peningkatan Upaya Penanganan Covid-19 dan Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, Gubernur menyampaikan hal-hal sebagai berikut: Pertama, meminta kepada semua Bupati/Wali Kota bersama Forkopimda dan jajaran untuk dapat memperketat penerapan PPKM Mikro.

Kedua, meminta Bupati/Wali Kota untuk dapat mempercepat pencairan anggaran penanganan Covid-19. Ketiga, meminta petugas memperketat pengawasan terhadap mobilitas orang keluar dan masuk wilayah Kalteng dan memperketat pelaksanaan protokol kesehatan. Keempat, mendorong percepatan vaksinasi untuk membentuk Herd Immunity yang akan menjadi faktor kunci pengendalian pandemi.

“Saya harapkan kerja sama solid para Bupati dan Wali Kota, dengan melibatkan semua komponen Pemerintah dan masyarakat, sehingga paling lambat bulan Oktober 2021 target 70% masyarakat Kalimantan Tengah sudah menerima vaksin tercapai,” tegas Gubernur Kalteng dalam sambutan yang dibacakan Plt. Sekda Nuryakin.

Sementara itu, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, dalam sambutannya mengatakan bahwa tahun ini merupakan tahun ke-3 dalam pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Palangka Raya Tahun 2018-2023 dengan arah pembangunan peningkatan daya saing berbasis SDM untuk menggerakkan ekonomi daerah untuk terwujudnya masyarakat ekonomi cerdas.

“Sejalan dengan hal tersebut, kita harus memperhatikan dan memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan akselerasi pembangunan dalam mendukung pencapaian visi pembangunan jangka menengah daerah di Kota Palangka Raya, yaitu sesuai dengan visi terwujudnya Kota Palangka Raya menjadi Kota yang maju, rukun, dan sejahtera untuk semua,” ucap Fairid menekankan.

“Kita patut bersyukur, walaupun di tengah pandemi Covid-19 yang melanda secara berkepanjangan, pembangunan yang telah kita lakukan ataupun kita laksanakan bersama antara Pemerintah Kota Palangka Raya dengan sluruh warga Kota Palangka Raya tetap mampu bertahan dan menunjukkan berbagai perubahan meskipun berjalan dengan cukup lambat,” Wali Kota Palangka Raya tersebut menambahkan.

Pewarta. : Rahmadi
Sumber. : Pemprov.Kalteng

Redaksi Palangka News