Perikanan : Nelayan Sungai Bakau Butuh Pemberdyaan

Perikanan : Nelayan Sungai Bakau Butuh Pemberdyaan

Kuala pembuang Palangkanews.co.id Sejumlah kelompok nelayan yang ada di Desa Sungai Bakau, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan mengusulkan agar Pemerintah Daerah  memberikan bantuan perikanan untuk pemberdayaan mereka.

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo mengatakan, bantuan yang diusulkan tersebut cukup beragam mulai dari mesin perahu, alat tangkap ikan, sampai dengan hibah jaring tramel net atau jaring udang untuk nelayan.

Seperti yang diketahui wilayah Desa Sungai Bakau merupakan wilayah pesisir, sehingga tidak heran jika masyarakatnya banyak yang berprofesi sebagai nelayan. Selain itu potensi perikanan di wilayah tersebut sangat menjanjikan.

“Karena wilayahnya pesisir, otomatis banyak masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan untuk menangkap ikan di laut, selama ini memang seperti itu tradisi masyarakat atau nelayan lokal di wilayah kita,” katanya, Rabu (13/mei,2020.

Untuk mendukung dan memudahkan aktivitas para nelayan tersebut dalam menangkap ikan di laut, mereka perlu perhatian dari Pemerintah Daerah melalui instansi terkaitnya seperti memberikan hibah bantuan perikanan. Disamping untuk memudahkan nelayan lokal, hal tersebut juga dimaksudkan untuk lebih memaksimalkan hasil tangkapan mereka yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para nelayan.

“Untuk meningkatkan hasil tangkapan mereka tentu perlu didukung dengan peralatan tangkap yang memadai, setidaknya kita bisa membantu mereka dan pemanfaatan sektor perikanan di Bumi Gawi Hatantiring bisa lebih maksimal,” terangnya,(Bar,)

admin

admin