Perempuan Jepara Diminta Teladani Pemikiran Tiga Tokoh Perempuan

Perempuan Jepara Diminta Teladani Pemikiran Tiga Tokoh Perempuan

Palangkanews.co.id | Jepara – 22/4/2021 Bupati Jepara Dian Kristiandi meminta perempuan Jepara meneladani perjuangan tiga tokoh perempuan asal Jepara. Ketiga tokoh perempuan yang dimaksud yakni Ratu Shima, Ratu Kalinyamat dan RA. Kartini. Hal ini disampaikan oleh Dian Kristiandi saat membuka puncak Peringatan Hari Kartini ke-142 di Pendapa RA. Kartini Jepara, Rabu (21/4/2021).

“Ratu Shima bisa kita ambil sisi keadilannya. Keadilan yang didasari oleh hati. Sedangkan dari Ratu Kalinyamat kita bisa mengambil semangat pantang menyerah yang terus digelorakan. Sementara dari RA. Kartini, perempuan Jepara bisa meneladani keterbukaan fikiran maju jauh ke depan,” kata Bupati Andi.

Jika dari ketiganya bisa digabung dan diimplementasikan dalam kehidupan, maka perempuan-perempaun Jepara akan bisa membawa Jepara jauh lebih maju.

Lebih lanjut politisi PDI Perjuangan ini mengungkapkan jika tema peringatan yakni Perempuan Jepara Kreatif, Produktif, dan Hebat di Masa Pandemi, mengandung maksud agar menjadi pelecut semangat untuk memperkuat peran perempuan di masa pandemi.

“Terlebih lagi peran sebagai sosok seorang ibu dalam keluarga. Bahwa sesulit apapun keadaan, serumit apapun persoalan yang menghantam, perempuan harus terus bergerak dalam kreatifitas dan produktifitas,” jelas Andi.

Perlu dipahami bersama, lanjut Bupati, saat pandemi berlangsung, kaum perempuanlah yang sangat rentan dalam keluarga karena memiliki beban ganda. Meski terdampak secara ekonomi, perempuan di tuntut mampu mengerjakan peran domestik, menjaga imunitas dan menjaga ketahanan pangan keluarga.

“Sementara di sisi lain, perempuan juga diharuskan selalu adaptif, solutif dan informatif dalam segala situasi dan kondisi. Bahkan sebagian besar turut menyangga pilar perekonomian keluarga,” ungkapnya.

Momentum peringatan Hari Kartini ini, kata Bupati Andi, harus dijadikan instrospeksi sejauh mana cita-cita emansipasi RA. Kartini di wujudkan. “Perempuan Jepara harus hebat, tidak boleh cengeng serta harus tahan banting dalam menghadpai segala tantangan dan hambatan,” tandasnya.

Puji Sumono
Kaperwil Jateng

Redaksi Palangka News