Penyebaran Covid-19 Varian Delta. Jateng Masuk Darurat Covid-19

Penyebaran Covid-19 Varian Delta. Jateng Masuk Darurat Covid-19

Palangkanews.co.id || Jepara, 22/6/2021, Provinsi Jawa Tengah menempati peringkat pertama dalam kasus Covid-19 varian Delta (B.1.617).

Varian yang berasal dari India ini, pertama kali ditemui pada Jum’at (18/6/2021) di 6 provinsi yang ada di Indonesia. “Hingga kini berkembang menjadi 9 provinsi. 6 provinsi dan sebagian besar adalah transmisi lokal,” ujar dr. Siti Nadia Tirmizi Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular.

Adapun penularan varian Delta disebabkan melalui transmisi lokal. Adapun 6 provinsi yang termasuk adalah DKI, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah.

Namun varian tersebut, kini telah ditemukan di 9 provinsi. Menurut dr. Siti Nadia Tirmizi Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan mengungkapkan bahwa varian delta terdapat di provinsi Banten , DKI, Gorontalo, Jateng, Jatim, Jabar, Kaltim, Kalteng, dan Sumsel.

Ia juga mengungkapkan bahwa varian Delta ditemukan paling banyak di provinsi Jawa Tengah, dengan total kasus sebanyak 80 kasus.

Kemudian disusul oleh DKI Jakarta sebanyak 48 kasus, Jawa Timur (10), Kalimantan Timur (3), Kalimantan Tengah (3), Sumatera Selatan (3), Banten (2), Jawa Barat (1), Gorontalo (1).

Sedangkan pada hingga Senin (21/6/2021), kembali ditemukan 44 kasus Covid-19 varian Delta oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Sampel yang diuji oleh LIPI berasal dari Karawang. Dengan total sampel seluruhnya berjumlah sebanyak 104. Dari sampel tersebut, 44 di antaranya terdeteksi Covid-19 varian Delta.

Pewarta : Puji S

Redaksi Palangka News