Pengurus KONI Kalteng Masa Bakti 2020-2024 Dilantik

Pengurus KONI Kalteng Masa Bakti 2020-2024 Dilantik

Palangkanews co.id – BIRO PKP. Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Masa Bakti 2020-2024 dilantik hari ini, Jumat (14/8/2020), di Aula Jayang Tingang, Lantai III Kantor Gubernur, Palangka Raya.

Kepengurusan KONI baru di bawah kepemimpinan Eddy Raya Samsuri ini dilantik secara langsung oleh Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman.

Sebanyak 70 pengurus baru yang dilantik berdasarkan Surat Keputusan Ketua KONI Pusat Nomor 49 Tahun 2020 tentang Pengukuhan Personalia Pengurus KONI Provinsi Kalteng Masa Bakti 220-2024 ini, terdiri dari Ketua Umum Eddy Raya Samsuri, Ketua Harian Christian Sancho, 7 Wakil Ketua Umum, Sekretaris Umum dan 2 Wakil Sekretaris Umum, Bendahara Umum dan 2 Wakil Bendahara Umum, 3 Verifikator/Audit Internal, serta 10 Ketua Bidang dan total 42 anggotanya.

Dalam sambutannya, Ketua Umum KONI Kalteng Eddy Raya Samsuri mengatakan bahwa pencapaian prestasi olahraga perlu didukung oleh sarana prasana dan anggaran yang memadai, selain adanya tekad, kesungguhan, dan kemampuan para atlet dan pelatih.

Berkaitan dengan persiapan menuju PON XX di Papua pada 2021 mendatang, Eddy Raya mengatakan ada beberapa cabang olahraga (Cabor) di Kalteng yang lolos untuk mengikuti event olahraga tersebut. “Selanjutnya, akan dilakukan verifikasi secara cermat agar benar-benar dapat mendulang emas, bukan hanya menambah jam terbang tapi menjadi ajang meraih prestasi,” ucapnya.

Sebagaimana tema kegiatan hari ini, Eddy Raya pun menegaskan bahwa keikutsertaan Kalteng di PON XX tahun depan mempunyai target “Dengan Semangat Isen Mulang dan Falsafah Huma Betang, KONI Kalteng siap Meningkatkan Prestasi pada PON XX Tahun 2021 di Papua”.

Selanjutnya, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dalam sambutannya memberikan apresiasi dan selamat kepada pengurus KONI Kalteng yang baru yang berhasil melakukan konsolidasi organisasi. Marciano juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus KONI Kalteng sebelumnya yang telah bekerja keras membina atlet olahraga yang beberapa di antaranya berhasil meraih medali emas, perak, dan perunggu pada Asean Games tahun 2019 lalu.

Menurut Marciano, Pandemi Covid-19 berdampak pada pembinaan olahraga prestasi di mana banyak agenda olahraga di tahun 2020 harus ditunda hingga tahun 2021. “Karena itu pada 2021 nanti, akan sangat padat event olahraga yang akan dihadapi, termasuk Piala Dunia U-20, Olimpiade, PON XX, dan Sea Games,” jelasnya.

Terkait Pandemi Covid-19, Marciano mengatakan, atlet berprestasi Kalteng merupakan aset berharga bagi provinsi ini, bahkan bagi Indonesia. “Untuk itu, seluruh bagian dalam pembinaan olahraga Kalteng, termasuk pengurus Cabor hingga pimpinan KONI Kabupaten/Kota, saya minta memberikan perhatian sangat tinggi, menjaga kualitas kesehatan atletnya supaya bisa berprestasi maksimal,” harap Marciano.

Ditambahkannya, KONI Kalteng harus membangun komunikasi yang kuat dengan pengurus di daerah. “Di dalam pembinaan olahraga, kita harus bersatu. Bicara prestasi olahraga, kita bicara merah putih. Mari kita persatukan bangsa yang kita cintai ini melalui olahraga. Kita buat bangsa ini bangga pada atlet yang berpestasi,” tegas Marciano.

Sementara itu, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dalam arahannya pada kesempatan kali ini mengatakan bahwa selama masa kepemimpinannya ingin memberikan yang terbaik, termasuk untuk prestasi olahraga Kalteng.

Gubernur pun meminta kepada Ketua Umum KONI Kalteng yang terpilih untuk tidak menjadikan KONI sebagai tempat berpolitik. “Harus dilakukan perombakan besar-besaran, jangan takut untuk pembangunan olahraga di Kalteng,” tegas Gubernur Sugianto yang juga meminta para pengurus KONI untuk tidak menjadikan KONI sebagai tempat mencari pekerjaan dan olahraga Kalteng membutuhkan kebersamaan.

Kemudian terkait Pandemi Covid-19, Gubernur meminta semua pihak untuk tidak meremehkannya. Gubernur pun mengajak KONI untuk ikut mensosialisasikan protokol kesehatan guna memutus mata rantai sebaran virus tersebut. “Ini jangan dremehkan. Ini sudah membuat APBD menjadi tidak menentu. Mari sosialisasikan agar masyarakat mengikuti protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan jaga jarak. Mari bantu pemerintah,” ajak Gubernur.

“Anggaran yang digulirkan untuk kepentingan olahraga, bukan untuk kepentingan perorangan. Kebiasaan-kebiasaan lama harus dibuang untuk kepentingan olahraga. Nanti saya surati bupati-bupati untuk membantu dana yang memadai. Mudah-mudahan kepengurusan yang baru ini membawa angin segar bagi olahraga di Kalteng,” pungkas Gubernur Sugianto Sabran.

Sebelumnya diberitakan, Eddy Raya Samsuri yang saat ini menjabat Bupati Barito Selatan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum KONI Kalteng periode 2020-2024 dalam Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlab), Februari lalu.

Selain Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, hadir sejumlah pejabat KONI Pusat lainnya dalam pelantikan hari ini, seperti Wakil Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Soedarmo, Kabid Organisasi KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Andrie T.U. Sutarno, Wakabid Organisasi KONI Pusat Drs. Eman Sumusi, dan Wakil Ketua I Audit Internal KONI Pusat Mayjen TNI Heru Suryono.

Tampak hadir pula dalam pelantikan hari ini, antara lain anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran, Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kabinda Kalteng Brigjen Pol M. Slamet Urip Widodo, Kepala Dispora Kalteng Falery Tuwan, Kepala Disperkimtan Kalteng Leonard S. Ampung, Plt. Kepala Disdik Kalteng Mofid Saptono, Plt. Kepala Diskominfosantik Kalteng Agus Siswadi, serta Pengurus KONI Kabupaten/Kota, Pengurus Provinsi dan Badan Fungsional Olahraga Anggota KONI.

Pewarta : Lisa
Sumber : Humprovkalteng/ran/eka
Ed/Ad. : Suaiful

Redaksi Palangka News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *