Penguatan Pendidikan Karakter Keagamaan, SMAN 1 Palangka Raya

Penguatan Pendidikan Karakter Keagamaan, SMAN 1 Palangka Raya

Palangkanews co.id || Kepala SMA Negeri 1 Palangkaraya, Drs. H. Arbusin ketika menyampaikan sambutan pada acara pembukaan kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter Keagamaan di aula SMANSA.

Kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter Keagamaan (PPK Keagamaan) selamat Libur Khusus Puasa pada bulan Ramadhan 1442 H/2021M di SMA Negeri 1 Palangkaraya secara resmi dibuka di aula SMANSA. Pejabat yang membuka kegiatan adalah perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah yakni pengawas pembina, I Wayan Sarman, M. Pd. Dasar pelaksanaan PPK Keagamaan adalah surat kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, nomor: 421/917/Disdik/IV/2021, tanggal 09 April 2021, tentang Pelaksanaan Libur Khusus Puasa (LKP) dengan Pemberian Penguatan Pendidikan Karakter Keagamaan dan Tugas Akademik di Masa Covid-19. (Senin, 19 April 2021).

Dalam sambuatannya ketika mengawali kegiatan pembukaan PPK Keagamaan, Kepala SMA Negeri 1 Palangkaraya, Drs. H. Arbusin menyampaikan bahawa kegiatan PPK Keagamaan di SMA Negeri 1 Palangkaraya akan dilaksanakan dari tanggal 19 April-07 Mei 2021 dengan moda daring. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X dan kelas XI sesuai dengan keyakinan agamanya masing-masing. Para siswa diharapkan selama mengikuti kegiatan, harus serius dan disiplin agar mampu memahami dan dapat melaksanakan semua rangkaian kegiatan dengan baik dan benar. Selanjutnya juga disampaikan bahwa yang menjadi pembina kegiatan adalah guru-guru yang mengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Agama Kristen Protestan, Pendidikan Agama Kristen Katolik, Pendidikan Agama Hindu. Selain itu juga akan berkolaborasi dengan guru BP/BK dan PKn.

“Kegiatan PPK Keagamaan selama Libur Khusus Puasa (LKP) pada bulan Ramadhan 1442 H/2021 M di SMA Negeri 1 Palangkaraya akan dilaksanakan dari tanggal 19 April-07 Mei 2021 dengan moda daring. Dasar pelaksanaan PPK Keagamaan adalah surat kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, nomor: 421/917/Disdik/IV/2021, tanggal 09 April 2021, tentang Pelaksanaan Libur Khusus Puasa (LKP) dengan Pemberian Penguatan Pendidikan Karakter Keagamaan dan Tugas Akademik di Masa Covid-19. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh siswa. Jadi siswa kelas X dan XI harus mengikuti kegiatan ini sesuai dengan keyakinan agamanya masing-masing dengan serius dan disiplin.”, kata Arbusin.

Kepala sekolah juga menyampaikan akan memberikan apresiasi kepada siswa yang berprestasi dalam kegaiatan PPK Keagamaan. Oleh sebab itu diharapkan agar setiap koordinator MGMP yang terlibat, memiliki catatan tentang sikap, pengetahuan dan keterampilan para siswanya dalam mengikuti kegaiatan. Selain itu juga berharap agar semua pihak yang terlibat dalam kegiatan selalu melakukan koordinasi dan diskusi bila mengalami kendala dalam pelaksanaan PPK Keagamaan tersebut.

Pengawas Pembina SMA Negeri 1 Palangkaraya, I Wayan Sarman, M. Pd., ketika menyampaikan arahan sebelum membuka kegiatan PPK Keagamaan di aula SMANSA.

Di samping itu, pengawas pembina, I Wayan Sarman, M. Pd., dalam arahannya sebelum membuka secara resmi kegiatan, menyampaikan agar dalam pelaksanaan kegiatan PPK Keagamaan, pihak sekolah mengikuti petunjuk teknis yang telah ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah. Dengan demikian, tujuan akhir kegaiatan PPK Keagamaan dapat tercapai dengan baik.

Untuk itu, PPK Keagamaan dilaksanakan meliputi beberapa kegiatan:
Peserta didik beragama Islam antara lain melaksanakan tilawah/tadarus Al-Quran, hafalan Al-Quran dan khitabah;
Peserta didik beragama Kristen Protestan dan Katholik antara lain melaksanakan membaca Alkitab, kebaktian, Bibble Camp dan Retret;
Peserta didik yang beragama Hindu antara lain melaksanakan pembacaan kitab suci, Dharmagita, Menggamel/Kerawitan, tari dan Tirta Yetra.

“Saya mengaharapkan kegiatan PPK Keagamaan di SMA Negeri 1 Palangkaraya dilaksanakan berdasarkan petunjuk teknis yang telah dikeluarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah. Bila ada hal-hal yang kurang jelas, silakan melakukan koordinasi dengan kami.” paparnya.

Pengawas Pembina juga menyampaikan agar semua guru pembina keagamaan dalam menetapkan indikator kegiatan, harus merupakan indikator-indikator yang mampu diukur ketercapaiannya. Guru pembina juga diberikan kebebasan mempertajam tujuan kegiatan agar ada perubahan perilaku atau karakter keagamaan siswa setelah selesai mengikuti PPK Keagamaan ini.

Setelah menyampaikan arahannya, I Wayan Sarman, secara resmi membuka kegiatan PPK Keagamaan. di SMA Negeri 1 Palangkaraya. Kegiatan pembukaan ini dilaksankan secara luring dan daring. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerumunan massa.
Seluruh keluarga besar SMA Negeri 1 Palangkaraya patut mendukung kegiatan PPK Keagamaan.

Hal ini erat kaiatannya dengan kultur masyarakat Indonesia yang relijius. Kita berharap agar para siswa sebagai generasi muda memiliki bekal karakter keagamaan yang memadai untuk membangun bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai.

Pewarta. : Anwar
Sumber : Humas SMANSA-Anw

Redaksi Palangka News