Penetapan Paslon Diumumkan 23 September

Penetapan Paslon Diumumkan 23 September

Palangkanews.co.id | – Dua pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng yang akan berkompetisi dalam Pilkada Kalteng 2020, telah menyelesaikan tes kesehatan yang dilaksanakan oleh tim dokter RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya pada 4-6 September 2020 lalu, dinyatakan sehat jasmani 14/9/20

Dari hasil pemeriksaan kesehatan tersebut yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalteng pada 11 September 2020, menyatakan kedua bakal paslon kepala daerah itu sehat secara jasmani dan rohani, serta bebas dari narkotika.

“Hasil pemeriksaan kesehatan itu sudah kami terima dari Rumah Sakit Doris Sylvanus. Hasilnya menyatakan kedua pasangan calon memenuhi syarat, mampu dan sehat secara jasmani dan rohani, serta bebas dari penyalahgunaan narkotika,” jelas Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim kepada wartawan usai Rapat Pleno Terbuka Penyampaian Hasil Verifikasi Dokumen Syarat Calon di aula KPU setempat di Palangka Raya, Minggu (13/9/2020).

Di sisi lain, Harmain mengungkapkan bahwa pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng yang belum memenuhi syarat secara administrasi, diberikan kesempatan untuk melengkapi persyaratannya selama tiga hari mulai tanggal 14-16 September 2020.

“Untuk bakal pasangan calon, kalau ada yang belum memenuhi syarat secara administrasi, diberikan kesempatan untuk melengkapi selama tiga hari mulai tanggal 14-16 September 2020. Untuk diserahkan kepada KPU guna diverifikasi kembali.

Persyaratan yang belum lengkap dimaksud, terang Harmain, misalnya fotocopy ijazah belum dilegalisir harus dilegalisir, surat keterangan dari pengadilan, dan lain sebagainya. Itu harus diserahkan ke KPU, karena sebagai lampiran berkas berita acara pasangan calon.

“Berdasarkan hasil verifikasi perbaikan itu, nantinya akan kita rapatkan kembali dan kita plenokan. Kemudian kita umumkan hasilnya pada tanggal 23 September 2020, apakah memenuhi syarat atau tidak, sekaligus penetapan pasangan calon,” ungkapnya.

Setelah penetapan pasangan calon, kata Harmain, maka pada tanggal 24 September 2020, akan dilakukan pengundian nomor urut peserta Pilkada Gubernur Kalteng Tahun 2020.

Pewarta :Pathamsyah
Sumber : Liputan Langsung
Ad/Ed. : Syaiful

admin

admin