Pencegahan Covid-19 “Tim Gabungan Desa Sidomulyo Kab. Kapuas Bagikan 500 Masker Gratis Untuk Warganya

Pencegahan Covid-19 “Tim Gabungan Desa Sidomulyo Kab. Kapuas Bagikan 500 Masker Gratis Untuk Warganya

Kapuas – Salah satu dukungan terhadap pemerintah Kab. Kapuas dan rasa wujud kepedulian atas pencegahan penyebaran wabah virus corona (covid-19l “Tim gabungan melakukan kegiatan pembagian masker buatan sendiri dengan bahan dari kain kepada masyarakat yang ada di desa sidomulyo dengan jumlah 500 lembar pada hari senin tgl:13 April 2020 jam:08.30 Wib.

Tim gabungan yang terdiri dari TP. PKK yang di ketuai oleh ny. Rustina, SPd,I, beserta anggotanya dan Pendampingan Lokal Desa (PLD) ibu Sri Wahyuny, sekretaris BPD ibu Syukuriyah serta Tim Satgas Covid-19 Desa Sidomulyo, sedangkan dari pihak kesehatan Eko Kurniawan dan Hidayati, serta dari pegawai Kec.Mantangai Kab.Kapuas, Kalteng.

“”Pariyono, selaku Kepala Desa Sidomullyo memberikan keterangan kepada awak media tentang kegiatan yang sedang berlangsung adalah murni panggilan hati nurani kami bersama warga desa serta mendukung penuh program dan maklumat dari pemerintah pusat dan polri tentang pencegahan penyebaran wabah virus covid-19 yang mematikan banyak manusia, berdasarkan data yang ada di provinsi kalimantan tengah sudah ada yang terpapar dan menjalani isolasi pada rumah sakit doris silvanus kota palangkaraya.

Kegiatan amal yang kami lakukan bersama tim gabungan dari masyarakat desa dan pustu kesehatan sidomulyo bersama sama membagikan masker yang kami buat dan dibagikan langsung kerumah rumah warga agar di gunakan saat keuar rumah dan bepergian kemana saja.”ungkapnya.

Lebih lanjut lagi kades menghimbau agar mematuhi anjuran yang sudah di tetapkan oleh pemerintah seperti

Kepala keluarga meminta kepada anggota keluarganya yang berada diluar daerah/luar derah untuk dihimbau menunda pulang kampung.

Tidak keluar rumah/perjalanan keluar daerah kecuali sangat penting.Menghindari tempat-tempat yang berpotensi jadi wahana penularan.

Menunda semua kegiatan pengumpulan orang banyak.

Menunda kegiatan resepsi, jika harus dilaksanakan, maka harus melakukan langkah tegas, yaitu:

Menyediakan fasilitas tempat cuci tangan dan sabun dengan air mengalir serta tersedia tisu kering.

Hindari jabat tangan, lakukan interaksi secara tanpa sentuhan.

Ada beberapa hal amat penting untuk dikerjakan setiap pribadi kita dan harus dikerjakan oleh kita semua yaitu:

Cuci tangan dengan sabun secara rutin.

Gunakan metode lain untuk bersapa tanpa saling bersentuhan.

Gunakan masker jika flu/batuk, pastikan bila batuk/bersin maka tutupi dengan tisu atau lipatan siku tangan.

Mengkonsumsi buah dan sayur serta memasak daging dan telur hingga matang.

Olahraga teratur dan istirahat yang cukup.

Periksa kesehatan jika kondisi tubuh demam, flu, batuk, sakit kepala, tenggorokan sakit dan sesak napas.Hindari membesuk pasien yang dirawat di fasilitas kesehatan kecuali sangat penting.

Agar masyarakat tidak perlu panik, serta tidak perlu menimbun sembako/kebutuhan sehari-hari karena Pemerintah menjamin ketersediaan pasokannya.

Jangan lupa kita berdoa memohon kepada Allah SWT agar kita terhindar dari virus corona dan kita di berikan keesehatan aamiin,”kata kades sebagai penutup.

Salah satu warga desa sidomulyo “ibu Eka Puspita mengatakan kepada awak media tentang kegiatan pemerintah desa dalam pembagian masker gratis sangat membantu warga setempat dan kami rasa bangga dengan kepala desa yang sangat peduli dengan warganya terutama tentang pencegahan penyakit yang mewabah pada kalimantan tengah yang di sebut virus corona (covid-19).

Tujuan kades dan tim yang ada di desa sungguh sangat mulia melaksanakan penuh tanggung jawab akan nasib warganya. Terutama dalam pencegahan virus tersebut masuk ke desa sidomulyo ini.”ungkapnya.(red)

Redaksi Palangka News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *