PEMPROV KALTENG LAKSANAKAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA

PEMPROV KALTENG LAKSANAKAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA

Palangkanews.co.id || Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis kedua bagi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Kalteng, bertempat di Kantor Gubernur, Senin (29/3/2021). Sebanyak 100 dosis vaksin disiapkan dalam pelaksanaan vaksinasi kali ini.

“Dosisnya kemarin kurang lebih 100, ini ya 100 lagi, kecuali harus ada yang ditunda. Semua bisa divaksin, alhamdulillah semua bisa divaksin mereka kemarin. Tidak ada yang ditunda. Mudah-mudahan hari ini tidak ada lagi yang ditunda,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul.

Adapun terkait tahapan vaksinasi untuk masyarakat umum, akan dimulai pada Juli mendatang. “Target ke masyarakat, kita kan ada tahapan-tahapan, ya. Kita tidak bisa memaksakan kalau belum tahapannya. Tahap satu kemarin, sampai akhir Februari kan untuk Nakes (tenaga kesehatan). Tahap dua ini untuk pelayan publik. Tahap tiga itu nanti bulan Juli dan kita tidak bisa melompat ke situ karena ketersediaan vaksin nggak ada. Ini sampai akhir Juni itu targetnya pelayan publik dan Lansia (lanjut usia). Itu dulu, setelah itu baru masyarakat lain,” papar Suyuti Syamsul.

“Kita tidak bisa lompat-lompat meskipun ada kebijakan baru bahwa setiap orang yang membawa dua Lansia untuk divaksin, meskipun dia belum masuk kriteria, boleh divaksin, sebagai bonus dia mengantar dua (Lansia),” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Nurul Edy mengaku dalam keadaan baik seusai divaksin pada dosis kedua kali ini meski tengah menjalankan ibadah puasa Nisfu Sya’ban. “Saya harapkan Bapak/Ibu, khususnya yang sudah terdaftar seperti PNS, mari kita nggak usah ada perasaan apa-apa. Yang jelas, pengalaman sudah menunjukkan saya pribadi dan beberapa teman, Kepala-kepala SOPD se-Kalimantan Tengah, tidak merapa apa yang dirisaukan di luaran, aman-aman saja dan mudah-mudahan ini smua merupakan bagian dari Kalimantan Tengah untuk bisa bebas Covid-19. Intinya, jangan takut atau risau, kita mesti percaya dengan pemerintah,” imbaunya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dan Ketua Tim Penggerak PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran bersama para Kepala OPD di lingkup Pemprov Kalteng telah menerima vaksinasi Covid-19 dosis petama di Istana Isen Mulang Palangka Raya, Senin (15/3/2021). Sebagaimana vaksinasi dosis kedua, para peserta vaksinasi dosis pertama tersebut juga menjalani skrining atau pemeriksaan kesehatan oleh tim medis sebelum mendapat suntikan vaksin serta menjalani observasi setelah mendapat suntikan vaksin.

Pewarta : Asmawati pknews Kalteng
Sumber : liputan ran/boy

Redaksi Palangka News