Pemkab Gumas Ikuti Rakorwil TPAKD, Secara Virtual

Pemkab Gumas Ikuti Rakorwil TPAKD, Secara Virtual

Palangkanews.co.id | Bupati Gunung Mas, yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Richard F.L, dihadiri oleh Kepala Bappeda Litbang, Bappenda, BPKAD dan Dinas/Badan terkait, mengikuti kegiatan Rakorwil Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah ( TPAKD) se wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), secara virtual pada senin (08/03/2021) siang, di ruang rapat lantai I Kantor Bupati Gumas.

Pada kesempatan itu Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran menyampaikan, Visi dan Misi TPAKD yakni, dengan memperkuat infrastruktur dan peningkatan titik akses keuangan di daerah dan memastikan keberlanjutan TPAKD untuk jangka panjang, serta memperkuat kapasitas anggota dan peningkatan kinerja dalam mendukung pencapaian target literasi dan inklusi keuangan.

Lanjutnya, sebagai wujud dukungan anggaran, masing-masing Kepala Perangkat Daerah terkait, dapat melakukan penganggaran untuk melaksanakan program percepatan akses keuangan, sehingga program tersebut dapat dilakukan oleh seluruh pihak terkait.

“TPAKD harus lebih aktif juga terlibat dalam mendorong pendirian kelompok kelompok usaha , seperti kelompok tani, koperasi, sekaligus mendorong cara – cara korporasi yang didukung oleh koperasi masyarakat,” ujar Sugianto Sabran.

Ia juga menegaskan untuk Penguatan infratrukstur percepatan akses keuangan seperti pendirian JAMKRIDA, LKM, penyediaan agen Bank di setiap desa termasuk percepatan untuk penerbitan Obligasi daerah, “untuk peningkatan Inklusi keuangan di daerah yang masih pasif terutama untuk rakyat kecil dan UMKM melalui pengembangan program KUR Kredit Ultra Mikro, Bank Wakaf Mikro dan lain lain,” pungkasnya.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy, mengatakan kondisi dan letak Geografis Indonesia yang sangat beragam tentunya menjadi salah satu tantangan besar bagi TPAKD dalam mewujudkan sektor jasa keuangan yang Insklusif, mengingat TPAKD adalah satu satunya forum yang berfokus pada peningkatan akses keuangan daerah.

“Pelaksanaan program kinerja TPAKD akan didukung oleh Roadmap TPAKD tahun 2021 s/d 2025 sebagai pedoman terkait arah pengembangan dan kebijakan selama lima (5) tahun kedepan,” tuturnya.

Dengan sinergi dan komitmen yang baik dari berbagai pihak dalam menjalankan Roadmap yang telah disusun TPAKD , diharapkan menjadi Garda terdepan dalam meningkatkan ketersedian berbagai produk, serta layanan keuangan formal secara konsisten.

“Kondisi tersebut inilah yang akan menciptakan peluang ekonomi yang mendorong peningkatan kemampuan masyrakat dengan kapasitas yang lebih produktif untuk menghasilkan produk yang berkualitas,” kata Otto.

Dengan diterbitkannya Roadmap TPAKD tahun 2021 – 2025, kami yakin pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan terkait dapat memperluas akses keuangan didaerah, agar lebih instensif, sehingga seluruh upaya yang kita lakukan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mencapai target masa depan Indonesia yang lebih sejahtera dan merata.

Pewarta. : Hendra pknews Gumas
Sumber. : Liputan pknews.Gumas

Redaksi Palangka News