Pemkab Bersama Forkopimda Bahas Tiga Isu Strategis di Barito Selatan

Pemkab Bersama Forkopimda Bahas Tiga Isu Strategis di Barito Selatan

Palangkanews.co.id // Pemkab Barsel – Buntok – Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) telah melaksanakan rapat koordinasi untuk membahas tiga isu strategis yang menjadi perhatian utama di daerah setempat.

Rapat ini dihadiri oleh sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan perwakilan camat.
Dalam rapat koordinasi tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan, Dr. H. Deddy Winarwan, menjelaskan bahwa tiga isu strategis yang dibahas adalah penanganan setelah banjir, Demam Berdarah Dengue (DBD), dan situasi Kamtibmas pasca pemilu.

Pihak-pihak terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satpol PP, melaporkan upaya yang telah dilakukan dalam penanganan banjir dan pasca banjir.

“Seperti pembangunan posko siaga, dapur umum, dan penyaluran bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak banjir, ” kata H. Deddy Selasa (19/2024).

Karena dalam hal penanganan DBD, Dinas Kesehatan Barito Selatan bekerja sama dengan RSUD Jaraga Sasameh Buntok telah melaksanakan kegiatan pengasapan (Fogging) dan sosialisasi pemberantasan sarang nyamuk kepada masyarakat.

Masyarakat diimbau untuk melaksanakan langkah-langkah pencegahan seperti menguras tempat penampungan air dan menutupnya, serta mendaur ulang barang-barang bekas yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti.

Selain itu, rapat koordinasi juga membahas situasi Kamtibmas pasca pemilu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Barito Selatan telah memberikan laporan mengenai pelaksanaan pemilu yang berjalan aman, tertib, dan lancar.

Sedangkan Kapolres Barito Selatan, AKBP Asep Bangbang Saputra, juga memberikan informasi mengenai penanganan Kamtibmas dan upaya antisipasi terhadap peredaran narkoba.

Pada rapat tersebut, Ketua KPU Barito Selatan, Roslina, juga menyampaikan bahwa tahapan pemilu sedang berjalan dengan baik, dan saat ini Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sedang melaksanakan rapat pleno. Hasil rapat pleno akan ditindaklanjuti dengan rapat pleno tingkat kabupaten yang dijadwalkan pada tanggal 3-5 Maret 2024.

Roslina juga mengimbau agar klaim perolehan suara ditunggu hingga hasil rapat pleno resmi diumumkan oleh KPU Barito Selatan.

Rapat koordinasi Forkopimda ini menjadi wadah penting bagi Pemerintah Kabupaten Barito Selatan dan OPD terkait untuk berkoordinasi dan merumuskan langkah-langkah strategis dalam penanganan isu-isu yang menjadi prioritas pembangunan daerah.

Pewarta : H. Assjian
Sumber : Dr.H. Deddy Winarwan.

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News