Pemkab Barut Ikuti Upacara Harlah Pancasila Secara Virtual

Pemkab Barut Ikuti Upacara Harlah Pancasila Secara Virtual

Palangkanews.co.id || Muara Teweh, 01 Juni 2021 – Setiap tanggal 1 Juni, Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Terlebih, setelah Presiden Joko Widodo pada 2016 menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden No. 24 Tahun 2016. Penetapan tersebut merupakan suatu hal yang sangat penting dan bernilai strategis bagi bangsa Indonesia, sebagai salah satu upaya untuk mengarus utamakan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara melalui refleksi yang bersifat tahunan. Bangsa Indonesia diajak untuk merenungkan kembali aspek filosofis dan historis dari kelahiran Pancasila sebagai ideologi, dasar negara, serta pedoman hidup bangsa Indonesia. Dipublikasikan 2/6/21.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengusung tema “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh. Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila digelar secara langsung yang dilaksanakan di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri dengan Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara. Upacara diikuti juga oleh pemerintah daerah secara virtual, untuk Kabupaten Barito Utara dihadiri Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah, Sekretaris Daerah, Unsur FKPD, Asisten I, Kepala Badan Kesbangpol, dan Kepala Diskominfo dilaksanakan di Aula Rumah Jabatan.



Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila, kita manfaatkan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Terlebih arus globalisasi dan interaksi internasional yang semakin cepat, perluasan dan pandangan nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa, tetapi dengan cara yang luar biasa.

“Dengan memanfaatkan teknologi, saya mengajak seluruh aparat pemerintah, para pendidik, generasi muda dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif dalam memperkokoh nilai Pancasila,” tutup Jokowi.

Selesai mengikuti Upacara, Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengucapkan selamat memperingati Hari Lahir Pancasila.

“Mari kita perkokoh Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata H. Nadalsyah.

Pewarta.: Red Pknews
Sumber : Prokopim2021 Barut

Redaksi Palangka News