Pemkab Barsel Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94

Pemkab Barsel Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94

Palangkanews.co.id /// Buntok – Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Pemkab Barsel) menyelenggarakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, bertempat di lapangan Taman Iring Witu (IW) Buntok, Sabtu (29/10/2022). Adapun tema yang diusung, “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema tersebut mempunyai pesan mendalam, jika bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Pj. Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana. Ia saat membacakan sambutan Menpora RI Zainudin Amali mengatakan, pelaksanaan peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan upaya untuk menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.

“Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang dikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa. Pemuda hari ini merupakan tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang, apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya. Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kajayaan Indonesia,” kata Lisda.

Lebih lanjut Lisda menambahkan, pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa. Upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.

“Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, bermula dari Titik Nol Ibu Kota Nusantara, kami mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Lisda menerima CSR dari PT. Adaro Indonesia berupa uang tunai sejumlah Rp250 Juta untuk renovasi Poskesdes Rantau Kujang dan Murung Kelanis Kab. Barsel.

Turut Hadir Unsur Forkopimda Kab. Barsel, Sekretaris Daerah Kab. Barsel, Assisten II dan III Setda Barsel, Instasi Vertikal Kab. Barsel, Kepala Perangkat Daerah Kab. Barsel, Camat Dusun Selatan, para pelajar, Tokoh pemuda dan Tokoh masyarakat.

pewarta. :. Asjian

Sumber : Diskominfobarsel

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News