Pemkab Barsel Hadir Ditengah Masyarakat Yang Terdampak Banjir

Pemkab Barsel Hadir Ditengah Masyarakat Yang Terdampak Banjir

Palangkanews.co.id # Barito Selatan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan, Kalimantan Tengah
Telah hadir ditengah – tengah masyarakat yang terdampak banjir mengakibatkan banyak rumah warga di Barito Selatan yang terendam air.

Debit air yang terus meningkat sehingga Status tanggap darurat banjir segera diberlakukan Pemkab Barsel guna mengatasi dampak dari bencana banjir sehingga masyarakat yang terdampak dapat merasakan kehadiran Pemerintah.

Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan Dr.H. Dedy Winarwan, SSTP, M. Si memimpin langsung kegiatan tanggap darurat ke lokasi yang terdampak banjir bersama beberapa Kepala OPD diantaranya Sekda, Kepala Bappeda, Kadis Pendidikan, Kadisnaker, Kadis Sos PMD, Kadis Dukcapil, Kalak BPBD, Dokter RSUD Jaraga Sasameh, dan tenaga kesehatan ke sejumlah desa di Wilayah Kecamatan Dusun Hilir dan Kecamatan Jenamas untuk memastikan kondisi warga serta bantuan sembako tersalurkan dengan baik.

” Kita hadir ditengah Masyarakat yang terdampak musibah banjir untuk memastikan kondisi kesehatan dan juga untuk membagikan sembako, hal ini kita lakukan untuk membantu warga kita yang sedang menghadapi musibah, ” kata H. Deddy kepada media ini melalui WhatsApp Kamis (26/1/2024) pagi.

Selanjutnya H. Deddy menambahkan bahwa untuk Wilayah Kecamatan Dusun Hilir dan Kecamatan Jenamas merupakan daerah yang terdampak banjir cukup parah dibandingkan dari Kecamatan lainnya di Barito Selatan.

Karena dua wilayah Kecamatan ini memang tempat terdampak banjir paling parah karena disebabkan kondisi tofograpi sebagian besar wilayahnya adalah rawa dan juga berada pada posisi kontur yang rendah serta ditambah lagi wilayah ini merupakan DAS Barito yang terpengaruh pasang surut laut ini yang menyebabkan kondisi banjir pada wilayah tersebut, selain debit air lebih tinggi juga berdampak pada lamanya banjir akan surut.

Lebih lanjut Dedy menginstruksikan kepada seluruh OPD dalam masa penetepan tanggap darurat banjir untuk terus memantau kondisi warga yang terdampak.

“Saya instruksikan kepada seluruh OPD khususnya Camat dan Kepala Desa yang wilayahnya terdampak banjir agar secara berkala memantau secara langsung kondisi kesehatan dan juga kebutuhan pokok lainnya karena dalam kondisi seperti sekarang jalur distribusi akan terhambat, serta apabila diperlukan baik Camat maupun Kepala Desa agar segara melapor ke Pemkab, agar pemasalahan akbit banjir dapat segera tertangani, ” tutup Dedy.

Pewarta : HM Assjian
Sumber : Dr.H. Deddy Winarwan.

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News