Pemkab Barsel Berikan Bantuan Subsidi BBM Pada Nelayan Buntok Seberang

Pemkab Barsel Berikan Bantuan Subsidi BBM Pada Nelayan Buntok Seberang

Palangkanews.co.id///Buntok – Akibat dampaknya Inflasi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berimbas ke bahan pokok sembako, dan pangan, sehingga menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Barito Selatan. Oleh sebab itu
pemerintah setempat
beraksi cepat menanggulangi Bazar Pangan Murah, dan memberikan bantuan Subsidi BBM kepada Nelayan.

Karena kenaikan inflasi itu pada Oktober 2022 lalu sebesar 0,16% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 0,11% yang berdampak pada harga kebutuhan pangan utama masyarakat di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah (Kalteng).

Maka dari itu, Pemkab Barsel melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menggelar Bazar Pangan, Penyerahan Bantuan Pembudidayaan Ikan dan Subsidi BBM untuk Nelayan Buntok Seberang, bertempat di Dermaga Pasar Lama Buntok.

Pejabat (Pj) Bupati Barsel Lisda Arriyana, S. Sos, dalam sambutan pidatonya menyampaikan bahwa, telah diselenggarakannya Bazar Pangan, penyerahan bantuan pembudidayaan ikan dan Subsidi BBM untuk Nelayan Buntok seberang itu adalah sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kab. Barsel dalam menanggulangi dampak inflasi dan menjaga stabilitas ketersediaan pangan dan pasokan ikan dari budidaya ikan dalam keramba di Barsel.

“Semoga kegiatan ini mendapat berkah dan bermanfaat bagi masyarakat di Barsel khususnya di wilayah Buntok dan sekitarnya. Kegiatan serupa juga akan terus kita laksanakan sampai akhir tahun 2022,” kata Lisda uasai acara tersebut, kepada media ini Jum’at (11/11/2022) di Buntok.

Sementara itu, Asisten II Setda Barsel Manat Simanjuntak dalam laporannya mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memberikan subsidi pangan guna menanggulangi inflasi yang dirasakan langsung oleh masyarakat sehingga berdampak dengan menurunnya daya beli masyarakat akan kebutuhan pokok.

“Pemerintah Daerah menyediakan telur Rp10.000/10 Biji, minyak goreng Rp10.000/liter, gula pasir Rp10.000/kg, bawang merah Rp25.000/kg, bawang putih Rp25.000/kg, beras Rp50.000/5Kg, ayam potong Rp30.000/Kg, dan ikan nila Rp30.000/Kg,” ungkap Manat.

Turut hadir Forkopimda Kab. Barsel, Kepala Perangkat Daerah Kab. Barsel, Camat dan Lurah Dusun Selatan, Pimpinan Bank Pembangunan Kalteng cab. Buntok, tokoh masyarakat, para ketua kelompok pembudidaya ikan beserta anggota nya.

(Assjian/Red/PN)

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News