Pemerintah Kabupaten Barito Utara Rencanakan Bangun Bendungan Sungai Lahei

Pemerintah Kabupaten Barito Utara Rencanakan Bangun Bendungan Sungai Lahei

Palangkanews.co.id || Muara Teweh, 08 Juli 2021 – Dalam rangka mengendalikan dampak banjir yang setiap tahun beberapa kali melanda beberapa desa di Kecamatan Lahei, Pemerintah Kabupaten Barito Utara merencanakan membangun Bendungan Sungai Lahei. Rencana Bendungan terletak di Jembatan Dandap Desa Haragandang Kecamatan Lahei yang merupakan hulu desa Kecamatan Lahei yang dialiri oleh Sungai Lahei.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Kadis PUPR beserta Kabid dan jajarannya, Kadis LH, Kadis Kesehatan, Kadis SosPMD, dan Kepala BPBD meninjau secara langsung lokasi yang akan dijadikan tempat rencana dibangunnya bendungan. Saat melakukan peninjauan, rombongan Bupati bermalam di Camp Paraluang PT. Wiki Desa Haragandang.



Bupati menyampaikan bahwa dengan dibangunnya bendungan akan dapat mengatur debit air Sungai Lahei sebagai pengendali banjir yang tiap tahun melanda beberapa desa di Kecamatan Lahei. Selain itu, bendungan juga berfungsi sebagai penggali potensi sumber daya alam lainnya. “Seperti potensi dari sektor pertanian, perikanan dan parawisata akan dapat tumbuh dan berkembang,” jelas H. Nadalsyah.

Bupati meminta kepada Dinas PUPR untuk mengkaji rencana pembangunan Bendungan Sungai Lahei dari sisi teknis bangunan bendungan, Dinas Lingkungan Hidup dari sisi dampak lingkungan hidup yang akan ditimbulkan dan BPBD menganalisa bencana banjir yang terjadi setiap tahunnya. “Segera bentuk tim dalam proses pengajuan perencanaan pembangunan bendungan kepada instansi terkait,” kata H. Nadalsyah.

Pewarta.:. Red Pknews
Sumber : Prokopim2021 Barut

Redaksi Palangka News