Pemeliharaan Jalan Kawasan Ruas Jalan PLTU TJB Oleh Perumda Aneka Usaha Jepara.

Pemeliharaan Jalan Kawasan Ruas Jalan PLTU TJB Oleh Perumda Aneka Usaha Jepara.

Palangkanews.co.id | Jepara –19/3/2021 Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Aneka Usaha Jepara melaksanakan pemeliharaan jalan akses keluar masuk dari pintu PLTU TJB sampai pertigaan jalan raya Wedelan – Bangsri, Kabupaten Jepara, Kamis 18/3/2021.

Hal ini dilakukan Perumda Aneka Usaha secara berkala dan rutin. Sesuai dalam klausul Kontrak Perjanjian Kerja Sama Pengelolaan Pemanfaatan Limbah PLTU TJB, antara Koperasi Jasa Pembangkitan Tanjung Jati B (Kopjati) Dengan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Aneka Usaha. Surat Kontrak kerja sama yang tertuang dalam dokumen yaitu :
1. Nomor Kopjati 002.PJ/KJPTJ/FABAG/2020.
2. Nomor Perumda 539/221/2020
Kontrak kerja sama tertanggal 06 Juni 2020 yang berlaku selama 5 (lima tahun) sejak di tanda tangani oleh kedua belah pihak.

Dalam kesempatan yang sama, Ponco Sujarwo atau Gus Co sapaan akrabnya, sebagai tim kerja di lapangan bersinergi dan bergandengan tangan dengan LSM Pelita Desa Kaliaman (LSM yang concern lingkungan hidup) di komandani oleh Puji Sumono yang beken di sapa Syech Puji.

Keduanya selain punya tugas lapangan untuk mengkondisikan situasi yang aman dan suasana kondusif. Juga mempunyai tanggung jawab dalam pemantauan pemeliharaan jalan akses keluar masuk PLTU TJB sampai pertigaan jalan raya Wedelan Bangsri.

Kami selalu berupaya semaksimal mungkin dalam pemeliharaan jalan akses PLTU TJB. Selain volume padat kendaraan besar keluar masuk PLTU TJB, faktor curah hujan tinggi di awal tahun 2021, juga menjadi salah satu penyebab jalan berlubang dan rusak parah.

“berkaitan hal itu kami selalu memantau dan membuat rekomendasi kepada Perumda Aneka Usaha, untuk segera memperbaiki, agar jalan laik dan aman di lalui kendaraan oleh warga masyarakat yang berdomisili di wilayah Ring 1 PLTU TJB, yang setiap hari melintas di ruas jalan ini” ujar Gus Co pada awak media kami.

Belum genap satu tahun kontrak perjanjian pengelolaan pemanfaatan limbah FABAG dengan Kopjati, kami sudah melaksanakan perawatan penambalan jalan sebanyak tiga kali.

“Sedangkan di awal Bulan Maret 2021 tercatat volume pekerjaan paling banyak, dikarenakan terkendala faktor cuaca pada bulan Januari dan Februari 2021, saat intensitas hujan tinggi. Alhamdulillah di dukung cuaca yang bersahabat dan kerja sama yang baik antara semua tim baik dari pemborong, PLN, Kopjati, Perumda dan LSM serta peran serta warga masyarakat, khususnya di wilayah Desa Tubanan, Kaliaman, Wedelan, dan Kedung Leper, pekerjaan bisa selesai tepat waktu,” imbuh Gus Co.

Dalam hal pekerjaan di lapangan M. Fatwa Wijaya SE., salah satu karyawan dari Perumda Aneka Usaha selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Ponco Sujarwo untuk teknis tata kelola operasional di lapangan dan kelancaran muatan limbah FABAG non B3 dari PLTU TJB Jepara, yang akan terus di kerjakan oleh Perumda Aneka Usaha, sebagai mitra kerja PT. PLN.

Warga masyarakat yang melintasi ruas jalan merasakan terbantu dengan program yang di jalankan oleh PT. PLN dan Perumda Aneka Usaha, dan berharap program ini terus menerus di realisasikan, agar pelintas dan pengguna jalan nyaman dan aman, terhindar dari kecelakaan akibat jalan yang berlubang dan rusak.

M. Fatwa Wijaya, SE., yang ditemui tim awak media di sela-sela pemasangan spanduk, tentang Program Pemeliharaan jalan keluar masuk dari pintu PLTU TJB hingga ruas jalan Wedelan Bangsri, saat berada di desa Kaliaman mengatakan “Manajemen Perumda Aneka Usaha selama ini sudah membangun komunikasi yang baik dengan Bapak Ponco Sujarwo untuk kelancaran pemuatan limbah FABAG dan program pemeliharaan jalan” ujarnya.

Untuk membantu dan mendukung program pemerintah Kabupaten Jepara dalam hal pemeliharaan jalan dan mempermudah akses kelancaran serta kenyamanan lalu lintas di kawasan PLTU TJB, Perumda Aneka Usaha akan terus berkomitmen atas hal tersebut, karena sesuai instruksi dari Dirut Perumda Aneka Usaha Nur Cholis, bahwa Perumda siap dan tetap mendukung kemajuan di wilayah Kabupaten Jepara dengan program yang langsung menyentuh lapisan masyarakat pengguna jalan agar lalu lintas lancar dan aman bagi pengendara.

Puji Sumono
Kaperwil Jateng

Redaksi Palangka News