Pembukaan Operasi Lahan Gambut, Sekda Tekankan Komitmen Bersama Kalteng Bebas Asap Tahun 2020

Pembukaan Operasi Lahan Gambut, Sekda Tekankan Komitmen Bersama Kalteng Bebas Asap Tahun 2020

Palangkanews.co.id – BIRO PKP. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah secara bersamaan sebagai Ketua Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD), Fahrizal Fitri membuka acara persiapan Operasi Cepat Pembasahan Lahan Gambut (OPCLGT) dan Operasi Pembasahan Gambut Rawan Kekeringan (OPGRK) Tahun 2020, di Hotel Neo, Palangka Raya, Jumat (24/07/2020).

Menurut laporan yang disampaikan Kuasa Pengguna Anggaran APBN TP Satuan Kerja DLH Provinsi Kalimantan Tengah, Esau Tambang, kegiatan persiapan OPCLGT dan OPGRK disponsori antara lain sebagai sarana sosialisasi yang menjelaskan tujuan, administrasi teknis, pembentukan tim pelaksana dan bantuan OPD yang terkait dengan kegiatan OPLTGT dan OPGRK undangan para pemangku hak dan kepentingan.

OPCLGT adalah kegiatan dalam rangka penanganan apabila terjadi kebakaran lahan gambut. Sementara OPGRK merupakan kegiatan pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi karhutla dengan upaya membasahi areal sekitar sumur bor yang telah dibangun oleh Masyrakat Peduli Api (MPA) dan Tim Serbu Api Kelurahan. Diharapkan dengan adanya OPGRK, lahan gambut akan terbasahi di musim kemarau/kering.

Redaksi Palangka News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *