Pelantikan Fungsional dan Pengambilan Sumpah/PNS di lingkungan PemProv Kalimantan Tengah

Pelantikan Fungsional dan Pengambilan Sumpah/PNS di lingkungan PemProv Kalimantan Tengah

Palangkanews.co.id || Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran melantik Pejabat Fungsional dan mengambil Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprov. Kalteng, bertempat di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (5/4/2021). Sebanyak 39 Pejabat Fungsional dari Dinas/Badan/Biro lingkup Pemprov. Kalteng yang dilantik oleh Sekretaris Daerah. Pelantikan Pejabat Fungsional dan Pengambilan Sumpah/Janji PNS di lingkungan Pemprov. Kalteng diikuti secara langsung dan secara virtual dari tempat masing-masing.

Pemprov Kalteng Gelar Acara Pelantikan Pejabat Fungsional dan Pengambilan Sumpah/Janji PNS
Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri, S.Hut., MP melantik Pejabat Fungsional dan Pengambilan Sumpah/Janji PNS

Pelantikan Pejabat Fungsional dan Pengambilan Sumpah/Janji PNS merupakan amanat Undang – Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara nomor 7 tahun 2017 tentang tata cara pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Administrator, Jabatan Pengawas, Jabatan Fungsional dan Jabatan Pimpinan Tinggi. Pelantikan Pejabat Fungsional dan Pengambilan Sumpah/Janji PNS di Instansi Pemerintah merupakan bagian dari kehidupan organisasi, dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta bagian dari pola pembinaan karier pegawai.

Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri menyampaikan bahwa pelantikan ini bukan semata-mata menempatkan figur-figur Pejabat Fungsional pada jabatan profesi dan kepentingan tertentu.

“Namun, lebih diutamakan dalam pengembangan karier, pembenahan dan pemantapan organisasi seiring dengan bergulirnya reformasi birokrasi pemerintah yang menuntut efisiensi dengan efektifitas birokrasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat”, tutur Fahrizal Fitri.

Fahrizal Fitri berharap kepada Pejabat Fungsional, agar menitik beratkan pelayanan dan pengabdiannya secara profesional, bukan berorientasi atau termotivasi untuk cepat naik pangkat dan mengejar tunjangan semata.

“Demikian juga kepada PNS dari 6 Dinas/Badan/Biro yang baru saja diambil Sumpah/Janjinya, agar memiliki komitmen yang tinggi terhadap Sumpah/Janjinya, karena selain dipertanggungjawabkan di hadapan manusia dan Negara, juga mempertanggungjawabkan segala perbuatan terhadap Tuhan Yang Maha Esa”, imbuhnya.

Lebih lanjut Sekretaris Daerah menyampaikan PNS dalam memberikan pelayanan juga dituntut untuk mengedepankan moralitas yang baik. Moralitas yang baik harus berkolerasi dengan spiritualitas.

“Dengan mengucapkan Sumpah/Janji tadi, sudah mengikat saudara secara moral, untuk menjalankan Sumpah/Janji tersebut dalam perilaku birokrat yang melayani dengan hati”, pungkas Fahrizal Fitri.

Turut Hadir pada acara Pelantikan Pejabat Fungsional dan Pengambilan Sumpah/Janji PNS di lingkup Pemprov. Kalteng diantaranya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng H. Nurul Edy, Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng Lies Fahimah, Inspektur Prov. Kalteng H. Sapto Nugroho, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Prov. Kalteng Istani serta Pejabat Fungsional dan PNS di lingkungan Prov. Kalteng.

Pewarta : Dwi pknews
Sumber : Babay / Donie)l

Redaksi Palangka News