PEDA KTNA Dorong Kemandirian Petani

PEDA KTNA Dorong Kemandirian Petani

palangkanews co id # Kota Palangka Raya – Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Pekan Daerah Kontak Tani-Nelayan Andalan (PEDA-KTNA) XIII Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2023, di Kabupaten Sukamara.

“PEDA KTNA merupakan agenda rutin yang bertujuan mendorong serta membantu percepatan pembangunan di sektor pertanian,” ungkap Hera, usai menghadiri pembukaan PEDA-KTNA XIII Tingkat Kalteng di Kabupaten Sukamara tersebut, Senin (20/11/2023).

Selain itu kata Pj Wali kota, melalui PEDA-KTNA setidaknya memotivasi pegiat sektor pertanian untuk lebih memodernisasi pembangunan pertanian dan kemandirian KTNA, dalam berkontribusi menjaga ketahanan pangan.

Adapun kegiatan tersebut dibuka Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo serta dihadiri Anggota DPR RI Dapil Kalteng, unsur Forkopimda Kalteng, Sekda Kalteng, Ketua Umum KTNA Nasional, Ketua TP PKK Kalteng, Pj wali kota/bupati se-Kalteng, serta tamu undangan lainnya.

“PEDA-KTNA ini bertujuan untuk membangkitkan semangat, tanggung jawab dan kemandirian dalam membangun percepatan sektor pertanian,” kata Edy Pratowo membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng.

Disampaikan wagub, menjaga stabilitas ketahanan pangan harus dapat dijalankan secara berkelanjutan. Sebab itu pentingnya motivasi dan kegairahan para petani-nelayan, dalam mengembangkan sektor ketahanan pangan yang digeluti.

“Hal ini sejalan dengan tema PEDA ke 13 tahun ini yaitu, memantapkan potensi komoditas unggulan lokal untuk mewujudkan kemandirian pangan berkelanjutan menuju Kalteng semakin berkah,” demikian papar Edy.

PEDA KTNA XIII Kalteng itu sendiri dilaksanakan di Desa Natai Sedawak, Kabupaten Sukamara pada 19-24 November 2023. Kegiatan diikuti oleh peserta dari seluruh kabupaten/kota se Kalteng.

Pewarta. : Titin

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News