Pancasila Benteng Jati Diri Bangsa

Pancasila Benteng Jati Diri Bangsa

palangkanews.co.id # Kota Palangka Raya – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober, memiliki makna tersendiri untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme, serta sebagai wahana untuk membangun kebersamaan dalam kebhinekaan.

Begitu kata Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu dalam sambutannya saat memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Minggu (1/10/2023).

Dalam kesempatan itu Hera menyampaikan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi arah jati diri dan pedoman, pandangan dasar, serta falsafah negara Indonesia. Terlebih Pancasila sebagai benteng kekuatan yang terkandung di dalam lima sila Pancasila tersebut.

“Hari Kesaktian Pancasila memberi makna sekaligus pengingat bagi kita semua tentang pentingnya Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” demikian papar Hera.

Hadir pada upacara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Palangka Raya, serta segenap ASN di Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya.

Usai memimpin upacara, Pj Wali Kota mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual, di Ruang Rapat Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya. Upacara diselenggarakan di tingkat pusat bertempat di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, dan diikuti para Pejabat Tinggi Negara.

Tahun ini peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

Pewarta. : Titin

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News