Nama Baik Bupati Jepara Di Catut Dalam Bantuan Tempat Ibadah

Nama Baik Bupati Jepara Di Catut Dalam Bantuan Tempat Ibadah

Palangkanews.co.id |Jepara – 19/2/2021 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara meminta kepada masyarakat, utamanya pengurus tempat ibadah agar tidak menanggapi pesan singkat yang mengatasnamakan Bupati Jepara Dian Kristiandi S.Sos.

Dalam pesan itu dikatakan atas nama Pemerintah Daerah Bupati akan menyalurkan donasi untuk tempat ibadah. Bantuan akan ditransfer melalui nomor rekening pengurus tempat ibadah yang dituju.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jepara Arif Darmawan, S.Sos., MH., pada Kamis (18/2/2021) malam. Sebab modus penipuan itu menyasar ke sejumlah tempat ibadah dan pondok pesantren di wilayah Kabupaten Jepara.

Saya informasikan kepada pengurus semua tempat ibadah, pondok pesantren di Kabupaten Jepara untuk tidak merespon pesan via WA dan jangan memberikan nomor rekening ke nomor yang mengatasnamakan Bupati Jepara,” kata Arif Darmawan, S.Sos., MH.

Imbauan ini menyusul adanya pesan yang mengatasnamakan bupati Jepara Dian Kristiandi, S.Sos., yang meminta nomor rekening untuk diberikan bantuan hibah ke tempat peribadatan. “Padahal di Pemkab saat ini, tidak ada kegiatan tersebut dan pemberian bantuan dengan model seperti itu,” ujarnya.

Sudah ada beberapa pengurus vihara, masjid dan pengurus gereja yang melapor. Juga pengurus beberapa ponpes mendapatkan pesan singkat yang mengatasnamakan Bupati Jepara ini,” kata dia.

Menurut Arif Darmawan, nomor yang digunakan oleh oknum atau pelaku yaitu, +62 878 6050 8337. Untuk meyakinkan korbannya juga memasang foto profil Bupati Jepara. “Sekali lagi, kalau mendapatkan telepon ataupun Whatsapp dari nomor tersebut tidak usah ditanggapi, itu bukan nomor resmi Bupati Jepara,” katanya.

Pesan yang dikirimkan oleh oknum tersebut dikhawatirkan, akan digunakan untuk melakukan penipuan dengan meminta sejumlah uang kepada korbannya.

“Pemkab Jepara mengeluarkan imbauan atau pemberitahuan tersebut agar tidak ada korban penipuan,” pungkasnya.

Di samping itu juga ada modus lain. Setelah beberapa saat nomor WhatsApp, yang mengatasnamakan Dian Kristiandi mengirim pesan, ada juga nomor lain yang menghubungi calon korban dan menanyakan apakah benar bahwa ia menjadi pengurus tempat ibadah. Oknum dengan no. telepon +62 8121707 8038 tersebut memasang foto dengan nama Drs. Seno Samudra.

Diharapkan agar warga masyarakat khususnya pengurus tempat peribadatan tidak memedulikan baik telepon atau pesan singkat melalui WhatsApp, yang mengatas namakan nama baik Bupati Jepara Dian Kristiandi, S.Sos., sehingga pelaku menghentikan tindakannya yang akan merugikan warga masyarakat.

Sumber Pemkab Jepara

Puji Sumono
Kaperwil Jepara

Redaksi Palangka News