Minat Masyarakat Kalteng Naik Haji Ditengah Pandemi Covid-19.

Minat Masyarakat Kalteng Naik Haji Ditengah Pandemi Covid-19.

Palangkanews.co.id || Pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia. Meski banyak sektor yang terkena imbas pandemi, namun tak menyurutkan minat masyarakat untuk mendaftar haji.

Data pada Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah yang diterima Humas Kemenag Kalteng pada Selasa (10/8/2021) di Palangka Raya menunjukkan, jumlah pendaftar jamaah haji reguler sampai 31 Juli 2021 mencapai 38.239 orang. Data tersebut merupakan akumulasi dari 14 kabupaten/kota se-Kalteng.

Jika dibandingkan jumlah pendaftar periode bulan Juni 2021, terdapat penambahan jumlah calon jamaah haji. Estimasi keberangkatan calon jamaah haji reguler ini sekitar tahun 2046.

Selain pendaftar haji reguler, Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah juga mencatat jumlah pendaftar haji khusus sebanyak 1.487 orang. Angka tertinggi untuk pendaftar haji reguler berasal dari Kabupaten Kapuas dengan 6.798 calon jamaah, sementara angka tertinggi untuk pendaftar haji khusus berasal dari Kota Palangka Raya dengan 521 calon jamaah.

Berdasarkan data yang sama, daftar tunggu haji didominasi oleh calon jamaah perempuan. Angka menunjukkan pendaftar haji perempuan pada haji reguler mencapai 20.251 orang dan haji khusus 786 orang. Calon jamaah haji berasal dari latar belakang pekerjaan yang bervariasi, dan didominasi oleh ibu rumah tangga yang mencapai 10.130 orang pada haji reguler dan 451 orang pada haji khusus.

Berdasarkan rentang usia, calon jamaah berusia 40-60 tahun menyusun lebih dari setengah total keseluruhan calon jamaah dalam masing-masing daftar tunggu haji, yakni 22.101 orang pada haji reguler serta 989 orang pada haji khusus. Adapun berdasarkan latar belakang pendidikan, daftar tunggu haji didominasi oleh calon jamaah dengan pendidikan terakhir SLTA.

“Penambahan calon jamaah haji meski pandemi masih ada ini menunjukkan bahwa masyarakat masih tetap ingin menunaikan rukun Islam kelima itu,” ucap Kakanwil Kemenag, H.Noor Fahmi.

Pewarta. : Hadiboy
Sumber : Kemenag Kalteng

admin