Mensos Tri Rismaharini Salurkan Bantuan Korban Banjir Di Pekalongan Jateng

Mensos Tri Rismaharini Salurkan Bantuan Korban Banjir Di Pekalongan Jateng

Palangkanews.co.id |Pekalongan – Kementrian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan sebesar Rp. 252.764.600 untuk membantu korban banjir di kabupaten pekalongan jawa tengah.

Bantuan terdiri dari makanan siap saji 600 bungkus, makanan anak 300 paket, selimut 300 lembar, kasur 200 lembar, dan kidsware 50 potong.

Penanganan dampak banjir berjalan baik disini. Terima kasih pemerintah kabupaten pekalongan” kata Mensos Tri Rismaharini melalui keterangan tertulis, jum’at (12/2/2021)



Tri Rismaharini, Menteri Sosial (Mensos) meminta agar korban banjir di Pekalongan, Jawa Tengah, jangan sampai terlantar.

Permintaan ini menyusul banjir di Kota Pekalongan terjadi akibat hujan deras yang terjadi sejak Jumat, 5 Februari 2021 malam hingga Senin, 8 Februari 2021.

Tri Rismaharini, mengatakan kondisi hujan dengan intentitas yang tinggi, di tambah dengan kurang maksimalnya saluran drainase menampung air menyebabkan banjir di pekalongan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan pun melakukan proses evakuasi warga bersama tim pencari dan penyelamat (SAR), TNI-Polri, PMI, Pekalongan Rescue, Damkar Kota Pekalongan,

Menteri Sosial, Tri Rismaharini tiba di lokasi pengungsian korban banjir sekitar pukul 01.30 WIB, dengan mengenakan jaket kulit dan sepatu boots.

Kedatangannya bersama rombongan dan Wali Kota Pekalongan Sadelany Machfudz tersebut sempat mengagetkan sebagian pengungsi yang masih tidur.

Dalam kesempatan itu, Mensos berpesan kepada Pemerintah Kota Pekalongan agar tanggap dalam penanganan para korban banjir, sehingga tidak sampai terlantar.

“Yang paling penting adalah warga tidak terlantar, jadi bagaimana kondisi pengungsian, makanan, seperti itu,” kata Risma.

Selain itu, Mensos juga berpesan kepada masyarakat agar bersabar, karena bencana merupakan cobaan dari Tuhan yang harus dihadapi bersama.

“Hampir sepanjang wilayah Pantura terkena musibah yang sama, kami berharap ke depan musibah serupa dapat diminimalkan oleh Pemkot Pekalongan,” tutur Risma.

Mensos menuturkan bahwa kinerja Pemkot Pekalongan dalam mengambil langkah tanggap darurat bencana sudah bagus.

Pemkot menerapkan kerja sama pada semua jajaran, baik unsur Kepolisian, TNI, Pemerintah Daerah, bahkan CSR.

“Kami sudah mengecek bagaimana kondisi pengungsian, ketersediaan makanan, penerapan protokol kesehatan, Alhamdulillah semua penanganannya sudah bagus,” ujar politisi PDI Perjuangan Ini.

Pewarta : Puji Sumono pknews Jateng
Sumber. : Liputan Pknews

Redaksi Palangka News