Mekanisme Pendaftaran PPDB 2024 Disdik  Kalteng Lihat Aturan Beritanya

Mekanisme Pendaftaran PPDB 2024 Disdik  Kalteng Lihat Aturan Beritanya

Palangkanews co /// Pemprovkalteng – Palangka Raya – Tim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) mengumumkan bahwa PPDB akan dibuka pada tanggal 24 – 27 Juni 2024. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Aryadi Gunawan, perwakilan dari Tim PPDB Disdik Kalteng.

Dalam penjelasannya, Aryadi menyampaikan bahwa untuk jenjang SMA, PPDB akan dibuka melalui tiga jalur utama terlebih dahulu. “Untuk PPDB ini, di bagian SMA itu ada tiga jalur akan dibuka dulu, yaitu jalur zonasi 50% minimal (bisa lebih), afirmasi 15% minimal, dan jalur pindah orang tua, maksimal 5% saja. Kemudian ada jalur prestasi yang melihat animo dari tiga jalur sebelumnya, kalau dari tiga jalur ini terlihat masih ada kuota dari total kuota yang disediakan sekolah, maka jalur prestasi akan dibuka menjelang akhir PPDB. Apabila dari tiga jalur sebelumnya sudah terpenuhi, maka jalur prestasi tidak akan dibuka,” jelas Aryadi saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (24/6/2024).

Lebih lanjut, Aryadi menjelaskan bahwa untuk jenjang SMK, PPDB akan dibuka melalui tiga jalur juga. “Kemudian untuk SMK ada tiga jalur, semua dibuka, ada jalur jarak terdekat yang maksimalnya bisa 10%, kemudian ada jalur afirmasi minimal 15%, sisanya di jalur akademik reguler. Dalam akademik reguler itu di dalamnya ada unsur tambahan, nilai prestasi bobot, dan nilai akreditasi sekolah asal, yang menjadi penambah nilai,” tambahnya.

Tim PPDB Disdik Provkalteng 2024

Aryadi juga mengingatkan, beberapa SMK mewajibkan wawancara dalam proses seleksi. “Jangan lupa, untuk SMK, ada beberapa SMK yang mewajibkan wawancara, ada di situs website nya. Kita ada 84 sekolah yang terpadu, sisanya online ataupun offline,” bebernya.

Plt Disdik Provkalteng M. Reza Prabowo

Sementara itu, menanggapi pelaksanaan PPDB tahun ini, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah, Muhammad Reza Prabowo menyampaikan komitmen untuk menyelenggarakan proses yang transparan dan adil. “Kami berusaha memastikan bahwa setiap anak di Kalimantan Tengah memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan berkualitas. Oleh karena itu, kami telah menyiapkan sistem yang transparan dan akuntabel untuk PPDB tahun ini. Kami juga telah melakukan sosialisasi kepada semua pihak terkait untuk memastikan semua prosedur dipahami dengan baik,” tutur Reza.

“Kami berharap orang tua dan calon peserta didik dapat mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti semua tahapan yang telah ditentukan. Dengan kerja sama semua pihak, kami yakin proses PPDB akan berjalan lancar dan sesuai harapan,” pungkasnya.

Dengan diumumkannya jadwal dan mekanisme PPDB ini, diharapkan para calon peserta didik dan orang tua dapat mempersiapkan diri dengan baik. Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara pendaftaran dapat diakses melalui situs resmi Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah. Masyarakat bisa mengikuti perkembangan dan informasi terbaru mengenai PPDB melalui saluran resmi yang telah disediakan oleh Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah, guna memastikan proses pendaftaran berjalan lancar dan sesuai ketentuan yang berlaku. 

Publikasi : Titin

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News