Mei 2023, Inflasi Kota Palangka Raya tercatat 0,24 persen

Mei 2023, Inflasi Kota Palangka Raya tercatat 0,24 persen

Palangka news co id # Kota Palangka Raya – Pada bulan Mei 2023 inflasi Kota Palangka Raya tercatat sebesar 0,24 persen. Komoditas yang memberikan sumbangan inflasi pada Mei 2023 antara lain beras, bawang merah, ikan gabus, semangka, ayam hidup, kangkung, ketimun, daging ayam ras, bayam dan sewa rumah.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu saat membuka Rapat Koordinasi High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Palangka Raya menjelang Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah di Aula Peteng Karuhei I Kantor Wali Kota Palangka Raya, Selasa (13/6/2023).

Dikatakan Hera, selain penyumbang inflasi ada beberapa komoditas yang menyebabkan deflasi pada Mei 2023 antara lain angkutan udara, minyak goreng, telepon seluler, cabai rawit, sepatu anak, angkutan antar kota, mainan anak, bahan bakar rumah tangga, udang basah dan semen.

“Hal tersebut tentunya mendorong TPID Kota Palangka Raya agar memberikan perhatian lebih terhadap ketersediaan pasokan dan stabilitas harga. Melalui Perangkat Daerah terkait segera melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap kebutuhan masyarakat sehingga tidak mengalami lonjakan harga yang signifikan,” ucap Hera.

Hera menegaskan kepada semua anggota TPID untuk bekerja secara maksimal dalam melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat, demikian juga untuk pertamina dan migas agar dapat memastikan bahwa tidak akan terjadi kelangkaan BBM dan LPG 3 kg bersubsidi.

“Kami mengharapkan peran aktif Bank Indonesia, Bulog, dan melalui Perangkat Daerah terkait untuk bekerjasama dalam menjalankan program dan kegiatan dalam rangka pengendalian inflasi guna menstabilkan harga komoditas pangan khususnya komoditas yang rawan mengalami inflasi,” pungkasnya.

Pewarta. : Aldio

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News