Media Sebagai Penyeimbang Fungsi Kontrol Sosial Bagian 4 Pilar Demokrasi

Media Sebagai Penyeimbang Fungsi Kontrol Sosial Bagian 4 Pilar Demokrasi

Palangkanews.co.id | Berita yang disajikan oleh rekan-rekan wartawan di Jepara, bukan masalah like atau dislike, namun murni melihat kinerja dari stakeholder atau pemangku kepentingan, agar kinerjanya pro rakyat dalam pengambilan keputusan dalam tata kelola pemerintahan yang good governance dalam prinsip dan penerapannya.

Di era keterbukaan publik dan Keterbukaan Informasi Publik di UU No. 14 Tahun 2008, Pasal 2
(1) Setiap Informasi Publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap Pengguna Informasi Publik.
(2) Informasi Publik yang dikecualikan bersifat ketat dan terbatas.
(3) Setiap Informasi Publik harus dapat diperoleh setiap Pemohon Informasi Publik dengan cepat dan tepat waktu, biaya ringan, dan cara sederhana.

Pers di lindungi dengan UU No. 40 Tahun 1999, dalam pemberitaan dan menaati kode etik jurnalistik, dengan menyajikan informasi, khususnya pemberitaan yang berkaitan dengan tata kelola pemerintahan daerah Jepara.

Termasuk pemberitaan tentang dana Covid-19 dalam transparansi dan akuntable, penempatan SKPD yang sesuai dengan kompetensi baik melalui Pansel yang kredibel serta kritik terhadap tindakan abuse of power atau kesewenang-wenangan penguasa, bahkan pembukaan dan penutupan TPA Gemulung, yang menjadi permasalahan sosial dan lingkungan di wilayah Kabupaten Jepara.

Sunarso yang diwawancarai oleh awak media kami mengatakan “Kami sudah berusaha, menyampaikan ke legislatif dan yudikatif, agar bisa dikaji dan dicarikan solusi sebagai pemangku kebijakan, agar permasalahan yang diberitakan bisa diselesaikan secepatnya dengan regulasi yang tepat dan cepat, jadi fungsi kontrol sosial kami kedepankan sebagai bentuk tanggung jawab baik kritik atau informasi yang bisa berkembang,” ujarnya.

“Pers sebagai 4 pilar demokrasi harus berperan aktif, kita harus memahami Pilar demokrasi ada empat, yaitu Lembaga Eksekutif, Legislatif, Yudikatif, dan Kebebasan Pers,” kata dia

Pewarta : Puji Sumono pknews Jateng
Sumber.: Liputan pknews Jateng

Redaksi Palangka News