Masyarakat Dayak Pasang Hinting Pali

Masyarakat Dayak Pasang Hinting Pali

Masyarakat adat dayak melalui Organisasi For Dayak bersama dua ormas Dayak melaksanakan Hinting Pali di kantor PT Citra Agro Abadi jalan Argopuro ( Bukit hindu) kelurahan Palangka kecamatan Jekan raya kota Pangka Raya provinsi Kalimantan Tengah, Kamis 25/03/2021 pukul 09.30 WIB .

(Hinting Pali merupakan sebuah upaya menemukan jalan tengah pada konflik berbasis pertanahan. Budaya tersebut sering dilakukan ketika masyarakat yang sedang terlibat sengketa berusaha mencari jalan damai dengan upacara adat hinting pali tersebut).

Terkait kenapa acara ini dilaksanakan, hal itu dikarenakan perusahaan Citra Agro Abadi mengabaikan tuntutan warga masyarakat yang berada di sekitar perusahaan sawit tersebut yaitu Desa Paharangan Kecamatan Kahayan Tengah Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah

Menurut Bambang Irawan ketua For Dayak dan juga selaku perwakilan masyarakat dayak mengatakan acara ini adalah untuk menyelesaikan sengketa antara masyarakat dan Perusahaan sawit PT CAA yang telah menggarap lahan milik Masyarakat di kecamatan Kahayan Tengah Kabupaten pulang Pisau.

Lebih lanjut Bambang mengatakan agar Perusahaan bertanggung jawab dan mengganti rugi lahan yang telah digarap oleh perusahaan tersebut dimana ganti rugi itu sudah tertuang dalam surat keputusan Damang.

Sedangkan penjelasan dari Perwakilan perusahaan Dedy Iswandi saat Menyampaikan pernyataan di tengah-tengah acara pemasangan Hinting Pali mengatakan bahwa PT Citra Agro Abadi adalah perusahaan legal dan sah dimata hukum, Perusahaan Kami menjunjung tinggi adat dan istiadat dayak Kalimantan Tengah, kami juga telah memberikan Tali asih yang telah ditandatangani oleh mantir dan damang juga tokoh masyarakat bulan Agustus 2020.

Lebih lanjut Dedy mengatakan Perusahaan PT Citra Agro Abadi siap membuka diri untuk bersilaturahmi dengan masyarakat dan juga kami siap melaksanakan hukum positif jika perusahaan PT CAA ini melanggar hukum adat Kalimantan Tengah.

Dalam acara pemasangan hunting Pali mendapatkan pengamanan dari Polsek Pahandut dan Babinsa kecamatan Kahayan Tengah Pulang Pisau Kalteng.

Pewarta : manghadiboy
Sumber. : Liputan media pknews

Redaksi Palangka News