Majukan Perekonomian, Ketua Kadin Kabupaten Kapuas Dukung Pembayaran Secara Digital Menggunakan Qris

Majukan Perekonomian, Ketua Kadin Kabupaten Kapuas Dukung Pembayaran Secara Digital Menggunakan Qris

palangkanews co id # Kapuas – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kapuas, Supenpri, S.Sos. mengatakan bahwa dirinya menyambut baik kegiatan yang diadakan, yakni kegiatan dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 dan Ikrar Bersama Anak Bangsa tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023, yang berlangsung di Kuala Kapuas, 26-28 Oktober 2023.

Ia menyebut, dengan adanya kegiatan seperti ini, UMKM juga akan merasakan dampaknya, karena banyaknya peserta dari kabupaten lainnya berdatangan.

“Hari ini kan bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda dan Ikrar Bersama Anak Bangsa, saya selaku ketua kadin menyambut baik kegiatan ini dan ini sangat berdampak positif sekali kepada perekonomian di kabupaten Kapuas, salah satunya bagi para pelaku UMKM,” katanya kepada awak media saat di Stadion Panunjung Tarung, Sabtu, (28/10/2023).

Supenpri yang juga selaku pelaksana dan pengelola pasar UMKM tersebut berharap kepada pihak perbankan dapat membantu para pelaku UMKM dalam penyediaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan juga membantu mensosialisasikan kepada pembeli khususnya anak milenial untuk menggunakan pembayaran secara digital, dengan menggunakan Qris.

“Sekarang perbankan banyak menggunakan Qris, dan itu sekarang diwajibkan untuk memudahkan dalam transaksi, untuk di sini sudah mulai disosialisasikan. Saya berharap sosialisasi gencar dilakukan oleh perbankan, terutama kepada para pelajar, karena pelajar ini lah, anak milenial inilah yang sering menggunakan Qris,” ucapnya.

Demi majunya perekonomian masyarakat di Kabupaten Kapuas, Supenpri mendorong dari berbagai pihak dan kalangan, baik dari para pelaku UMKM itu sendiri, para pembeli maupun penyedia jasa untuk bersama-sama pelan-pelan merubah sistem pembayaran cash menjadi pembayaran secara digital dengan menggunakan Qris. Hal tersebut juga untuk memudahkan dalam transaksi pembayaran.

“Sekarang jauh berubah, kita tidak ada lagi menggunakan uang cash untuk belanja seperti dikota- kota besar, misalnya di Jakarta saja tidak ada lagi orang melayani pembayaran cash, ada tulisan di depan toko dan cafe bahwa disini hanya menggunakan pembayaran digital, yaitu menggunakan Qris,” pungkasnya.

pewarta. : Razikin

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News