Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Barito Utara mengultimatum PT Indexim Utama Coorporation yang merusak Gunung Sakral.

Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Barito Utara mengultimatum PT Indexim Utama Coorporation yang merusak Gunung Sakral.

Palangkanews.co.id -Muara teweh|Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan sangat Menyayangkan sikap PT. IUC yang seolah olah tidak tau kalo Gunung Piyuyan adalah daerah kawasan keramat dan sakral bagi umat kaharingan, Kamis(02/07/2020).

Ketua Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Barito Utara (MDAHK) Ardianto, yang palangkanews wawancarai di kediamaannya menjelaskan ” bahwa areal Gunung Piyuyan yang di rusak oleh PT IUC adalah tempat tujuan yang mewadahi ritual akhir penganut ajaran leluhur suku Dayak. jelasnya.

Ardianto “mengultimatum PT Indexim agar Perusahaan harus menghentikan kegiatan aktifitas penebangan di areal Gunung Piyuyan, dan sesuai kehendak masyarakat agar 3 gunung yaitu Gunung Lumut, Gunung Piyuyan dan Gunung Penyenteau harus dikeluarkan dari wilayah kerja dan konsensi PT. IUC, dan pihak PT IUC segera merealisasikan(memenuhi) tuntutan warga sesuai kesepakatan pertemuan dengan pihak masyarakat Desa Muara Mea pada tanggal 1 juli 2020 kemarin. Agar pihak PT IUC membayar dan ikut serta melaksanakan upacara adat atas tindakan pengrusakan dan penyerobotan arel sakral Gunung Piyuyan” tegasnya.

admin

admin