LUAR BIASA KAPAL RAKSASA PENGANGKUT 2 JUTA BAREL MINYAK MILIK PERTAMINA DILUNCURKAN DI JEPANG

LUAR BIASA KAPAL RAKSASA PENGANGKUT 2 JUTA BAREL MINYAK MILIK PERTAMINA DILUNCURKAN DI JEPANG

Palangkanews.co.id | PT. Pertamina (Persero) siap mengoperasikan Very Large Crude Carriers (VLCC) Pertamina Pride setelah Japan Marine United (JMU) merampungkan uji coba dan legalitas kapal itu. Hal itu disampaikan Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) dalam siaran pers dikutip Rabu (10/2).

Disampaikannya kehadiran unit VLCC itu guna memperkuat bisnis Pertamina di tengah meningkatnya permintaan minyak mentah nasional. Selain itu, adanya unit kapal ini akan membantu perusahan mengelola biaya pengapalan. Permintaan minyak mentah akan meningkat seiring jalannya proyek strategis yaitu, Grass Root Refinery (GRR) dan Refinery Development Mega Project (RDMP).



Di sisi lain, Kotaro Chiba, Presiden dan Chief Excutive Officer (CEO) JMU mengatakan menghadapi sejumlah kesulitan yang terjadi di luar perkiraaan saat membangun VLCC Pertamina Pride yaitu, angin topan dan wabah pandemi COVID-19. Dengan rampungnya proyek ini, dia berharap hubungan akan semakin baik di masa depan. Penyelesaian proyek ini juga atas dukungan Pertamina International Shipping.

Sebagai informasi, kapal VLCC Pertamina Pride memiliki kapasitas angkut minyak mentah sebanyak 324.995 meter kubik atau sekitar 2,04 juta barel dan merupakan crude oil tanker jenis single screw driven dan single deck. Panjang keseluruhan kapal ini mencapai 330 meter atau sekitar 3 (tiga) kali ukuran lapangan bola dengan kedalaman 29.35 meter.

Pembangunan kapal ini memakan waktu kurang lebih 18 bulan dan merupakan wujud kerja sama konkret antara Indonesia dan Jepang. Kerja sama Indonesia – Jepang akan terus diintensifkan, tidak hanya di bidang transportasi pasokan energi, tetapi juga kerja sama di bidang energi baru dan terbarukan.

Pewarta : Tim pknews Nasional
Sumber : KBRI Tokyo/Pertamina

Redaksi Palangka News