Luar Biasa !! Bupati Gunung Mas Panen Telur Ayam Di Kelompok Peternakan Kambungan Habaon Hapakat

Luar Biasa !! Bupati Gunung Mas Panen Telur Ayam Di Kelompok Peternakan Kambungan Habaon Hapakat

Palangkanews.co.id || Tumbang Habaon, Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong melakukan panen pada usaha peternakan ayam petelur yang merupakan salah satu program Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas yang dikelola dan dikembangkan oleh Kelompok Tani Ternak Ayam Petelur “Kambungan Habaon Hapakat” Desa Tumbang Habaon.

“Jaya Samaya Monong menyampaikan, Pemerintah Daerah telah menetapkan salah satu prioritas pembangunan daerah Tahun 2019-2024 salah satunya adalah pelaksanaan SMART ARGO, yang mana salah satu komoditas yang dikembangkan melalui pertanian khususnya peternakan adalah budidaya ayam petelur, hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah pusat yang telah menetapkan swasembada daging serta mendorong peningkatan Ekspor,” ujarnya di Desa Tumbang Habaon, Selasa (13/4/2021).



Dimana menurutnya, memasuki Tahun kedua pelaksanaan SMART ARGO melalui pengembangan ayam petelur di Kabupaten Gunung Mas, hasil evaluasi Dinas Pertanian bahwa ketersediaan telur ayam masih didatangkan dari luar Kabupaten Gunung Mas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, melihat hal ini Pemerintah Daerah mempunyai komitmen untuk mengembangkan budidaya ternak ayam petelur untuk memproduksi telur ayam guna memenuhi kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu dilihat dari hasil produksi telur ini diharapkan menjadi acuan bagi petani/peternak dalam memproduksi telur ayam segar yang berkualitas dan berdaya saing guna memenuhi kebutuhan pasar di Kabupaten Gunung Mas dan dapat meningkatkan perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat.

Untuk tenaga pertanian tenaga penyuluh supaya lebih intens tentang kelemahan-kelemahannya apa yang kurang supaya ditingkatkan lagi supaya lebih baik ayam petelur bisa mencapai 90%,”
“Lanjut dia, untuk Kelompok Tani Ternak Ayam Petelur ada dua yang pertama di Desa Hurung Bunut dan di Desa Tumbang Habaon, kita melihat perkembangan yang ada apabila memang sudah bagus tidak menutup kemungkinan di setiap Kecamatan akan diadakan kelompok tani seperti ini,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian Rody Aristo Robinson mengatakan, bahwa Dinas Pertanian melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, mengadakan Pendistribusian Ternak yang diserahkan kepada masyarakat yang secara khusus untuk kelompok tani ternak “Kambungan Habaon Hapakat” Desa Tumbang Habaon, merupakan hasil dari Program Bidang Peternakan dan kesehatan Hewan Tahun Anggaran 2020 melalui sumber dana insentif Daerah (DID tambahan) yaitu : 1 Unit Kandang dan Perlengkapan 2. Ternak ayam petelur sebanyak 2.000 ekor 3. Pakan sebanyak 200 sak, 4. Obat-obatan,Vitamin dan Desinfektan.

Ditambahkannya, pengadaan dan pendistribusian ternak ayam untuk kelompok masyarakat ini yang bertujuan, untuk membantu petani peternak ayam petelur di Kabupaten Gunung Mas secara umum dan secara khusus di Tumbang Habaon dalam rangka mendukung SMART Agro dan peningkatan SDM petani.

Untuk menjadi percontohan kepada kelompok masyarakat daerah lain agar termotivasi dengan melihat peluang usaha yang menghasilkan, menjanjikan dan menguntungkan. Mampu memanfaatkan peluang pasar dengan menjadi produsen telur, untuk konsumsi masyarakat sebagai perbaikan gizi tanpa harus mendatangkan pasokan dari luar daerah.

Mampu meningkatkan kesejahteraan kelompok serta meningkatkan pertumbuhan perekonomian di desa Tumbang Habaon. Serta meningkatkan kemandirian petani dalam usaha peternakan ayam petelur. Yang mampu berdaya saing dalam peningkatan produksi, kualitas dan kuantitas ayam telur.

Turut Hadir Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P. Umbing, Kejari Gumas Anthoni, Pabung 1011/PLK Mayor Infantri M. Ayub, Anggota DPRD Dapil II, Dapil III Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas Rody Aristo Robinson, Camat Tewah Rawei, Kapolsek Tewah Iptu Nanang Mauladi, Kepala Tumbang Habaon Sudirman, serta undangan lainnya.

Pewarta : Hendra pknews Gumas
Sumber. : DisKominfosantik Gumas

Redaksi Palangka News