Lomba Bercerita Trik Melestarikan Budaya Lokal, Untuk Siswa SD

Lomba Bercerita Trik Melestarikan Budaya Lokal, Untuk Siswa SD

Palangkanrws.co.id || Kuala Kurun, Lomba bercerita yang digelar di GPU Tampung Penyang Kuala Kurun ini, diikuti sebanyak 9 orang dari beberapa sekolah di Kecamatan Kurun.

Sebagai tema dari Lomba Bercerita tersebut yakni, “Membangun generasi muda Indonesia gemar membaca serta menumbuhkan karakter bangsa melalui kecintaan terhadap budaya lokal”.



Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas, Edwin Yustian, menyampaikan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang generasi penerusnya mempunyai karakter yang dibentuk melalui pola pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal, yang mengacu pada pembelajaran, peningkatan moral dan intelektual, keterampilan serta kreatifitas dengan melibatkan peran keluarga sekolah maupun masyarakat.

“Kita bersyukur lomba ini salah satu upaya untuk pengembangan dan pembudayaan kegemaran membaca dan menulis dikalangan anak-anak yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan kegemaran membaca melalui kegiatan variatif,” ujarnya saat menyampaikan sambutannya, Kamis. (29/4/21).

Lebih lanjut ia menjelaskan, cabang Lomba Bercerita itu merupakan satu agenda tahunan yang rutin dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas.

“Saya mengapresiasi atas kerjasama dan dukungan dari semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan lomba ini,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan sebagai apresiasi dan motivasi terhadap pembudayaan kegemaran membaca melalui jalur sekolah tingkat awal. Dengan membawakan cerita rakyat daerah, siswa-siswa lebih mengenal dan mencintai budaya daerahnya serta lebih luas lagi menanamkan cinta akan budaya bangsa persatuan dan kesatuan serta Nasionalisme.

Kedepan diharapkan untuk lomba bercerita akan diadakan pada tingkat SMP dan SMA, dan untuk pemenang lomba akan dikirim ke tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, kalau berhasil meraih juara tingkat Provinsi, akan melanjutkan ke tingkat Nasional.

Sebagai informasi, daftar juara lomba bercerita tingkat SD atau MI yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas, yakni sebagai berikut:

Juara Pertama, Fernando Clean SD Negeri Tampang Tumbang Anjir, Juara Kedua, Laudia Aprilin SD Negeri 3 Tampang Tumbang Anjir, Juara Ketiga, Juara harapan 1 Chelsie Novianti SD Negeri 2 Tampang Tumbang Anjir, Juara Harapan 2 Philips Samuel SD Negeri 3 Kurun, Juara Harapan 3 Jevae SD Negeri 2 Tampang Tumbang Anjir .

Untuk dewan juri dipercaya menjadi pemberi otoritas nilai bagi peserta adalah, Triozen juri 1, Yunike juri 2, dan Tumiyati juri 3.

Pewarta. : Hendra pknews Gumas
Sumber. : Diskominfosantikgumas

Redaksi Palangka News