Limbah PLTU TJB 5-6 Jepara Diduga Bermain Mata wes Penguasa Tunggal

Limbah PLTU TJB 5-6 Jepara Diduga Bermain Mata wes Penguasa Tunggal

Palangkanews.co.id – Jepara – Tim PWO (Perkumpulan Wartawan Online) Jawa Tengah pada Sabtu (15 /8/2020) melakukan telusur jejak terkait penguasaan tunggal limbah besi (scrap) dari PLTU Tanjung Jati B Jepara, Jawa Tengah.

Dari penulusuran dan investigasi di lapangan Tim PWO menemukan surat keterangan yang selama ini saling berebut soal limbah, hanya saja surat itu bisa menguasai limbah beromset miliaran rupiah.

Terkait kekuasaan limbah PLTU Tanjung Jati B yang bernomor BV-ON-VEN-007 dari perusahaan B&V dari surat keterangan tersebut di duga telah jadi rebutan oleh sejumlah oknum para mafia limbah.

Limbah besi penghasil pundi-pundi rupiah beromset miliaran itu antara sejumlah oknum saling claim rebutan kekuasaan area desa yang kena dampak limbahnya,”Kurat Kekuasaan” atau istilah surat sakti itu dalam pengelolaan limbah scrap besi berada di Mega
Proyek PLTU TJ B unit 5 dan 6 di Desa Tubanan Jepara.

Hal tersebut membuat semakin jelas jika limbah yang dihasilkan PLTU TJ B selama ini mempunyai nilai ekonomis tinggi, salah satu limbahnya berjenis (SCRAP) Limbah besi, berdasarkan investigasi Tim PWO Jateng, ditemukan dokumen di wilayah PLTU TJ B unit 5-6 Jepara.

Dari surat keterangan penguasaan limbah besi scrap dikuasai oleh Kuis Prahasti sejak 8 Januari 2020, Kuis alias Wiwis adalah warga dukuh sekuping, Desa Tubanan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa tengah.

Hebatnya lagi Wiwis sendiri juga mengatasnamakan warga masyarakat desa sekitar, yaitu meliputi 9 desa penyangga PLTU yaitu di antaranya Desa Tubanan, Desa Kaliaman, Desa Bondo, Desa Karanggondang, Desa Jeruk Wangi,Desa Wedelan, Desa Kancilan, Desa Balong dan Desa Kedung Leper.

Dari 9 Desa yang dicatut oleh Wiwis, Tim PWO Jawa Tengah mendatangi rumahnya di Dukuh Kancilan, Wiwis panggilan akrabnya mengatakan saat dikonfirmasi Tim PWO Jawa Tengah, terkait surat keterangan menguasai limbah wiwis pun akan membicarakan hal surat keterangan itu di tempat kakaknya, sebelumnya di awali lewat komunikasi chating telpon serta WA saja.

Warga yang bernama Kuis Prahasti atau akrab disapa Wiwis itu telab menerima Surat Keterangan bernomor BV-ON-GEN-0017 dari perusahaan B&V.

Pada Kamis, (13/8) Jam 15.30 WIB tim pwo jateng melakukan konfirmasi dengan narasumber mengaku PS yang juga anggota salah satu lembaga swadaya masyarakat (LSM ).

PS menyebut jika pengelolaan limbah scrap dikuasai sepihak oleh oknum Wiwis.

“Limbah Besi scrap memang di
kuasai sepihak oleh Wiwis, sementara dia berkuasa hanya berdasarkan surat keterangan itu saja kalau dulu atau istilahnya “surat kekuasaan” kalau jaman orde baru bisa di sebut surat sakti yang berasal dan di dapat dari perusahaan B&V,”beber PS sambil memperlihatkan bukti surat kekuasaan dari oknum wiwis.

PS juga meragukan dari desa yang dicatut oleh wiwis.” apakah wiwis benar-benar mewakili warga dukuh sekuping atau pribadi, karena warga masyarakat di ring 1 PLTU tidak merasa sebagai warga yang di wakili Wiwis hasil dari pengelolaan limbah dan transaksi penjualan scrap tersebut, dapat bermanfaat buat warga masyarakat yang berhak menerima keuntungan dari limbah, sebagai bentuk komitmen CSR kepada warga masyarakat, bukan malah di kangkangi secara sepihak.warga asli sekuping itu menambahkan,”Kantor Pajak Pratama harus mengusut, pajak PPN dan PPH, dari limbah scrap tersebut, apakah sudah di setorkan ke kas negara atau belum,”ungkapnya dengan nada jengkel.

Memang limbah banyak juga jenisnya di PLTU Jepara misal saja limbah FABA yang masuk kategori Limbah B3 (Bahan bahan berbahaya) sudah dikuasai oleh Pemda Jepara melalui Perusda Aneka Usaha Jepara yang di kelola koperasi dan BUMDES di desa-desa Ring I PLTU TJ B, namun limbah scrap kenapa hanya dikuasai oleh 1 orang pihak saja.?

Terkait rebutan limbah beredar luas tentang kabar viral di wilayah PLTU TJ B Jepara, banyaknya oknum-pejabat,penegak hukum dan oknum warga yang bermain menghalalkan segala cara di sana.(ekomulyo —@ji gunawan pwo jateng 081325613449)

Pewarta : Tim pknews Jateng Puji S.
Sumber. :.liputan lapangan
Ed/Ad. : Syaiful

admin

admin