Kunker Presiden RI Joko Widodo Ke Kalteng.

Kunker Presiden RI Joko Widodo Ke Kalteng.

Palangkanews.co.id – Kunjungan Presiden RI pada 9 Juli 2020 berangkat dari Halim Perdana Kusumah pada pukul 07.00 WIB dan diperkirakan sampai pada pukul 08.45 WIB dengan menggunakan pesawat kepresidenan.

Pada pukul 08.45 WIB kedatangan disambut oleh Gubernur Kalteng, Pangdam XII/TPR, Kapolda Kalteng, Kabinda Kalteng dan istirahat sejenak di VVIP Room Bandara Cilik Riwut.

Pada pukul 09.00 WIB rombongan menuju ke posko penanganan covid19 disambut Wagub dan dihadiri oleh kepala rumah sakit penanganan covid19 dan gustug untuk memberikan audensi kepada Presiden RI. Selanjutnya dilaksanakan rapat zoom meeting bersama para bupati.

Pada pukul 10.25 wib rombongan sudah berada di Bandara Cilik Riwut guna menuju ke Kec Dadahup Kab Kapuas dengan menggunakan heli Kepresidenan dan diikuti oleh rombongan dengan menggunakan 2 heli lainnya.

Pada pukul 11.30 wib diperkirakan sampai di lokasi Food Estate di Kab Kapuas dan dilanjutkan pertemuan terbatas di lokasi yang santai dengan pejabat maupun masyarakat. Diupayakan adanya gubug atau pohon rindang sebagai lokasi pertemuan.

Pada pukul 12.30 wib diperkirakan kegiatan selesai dan rombongan menuju ke Kab Pulpis menggunakan kendaraan rombongan mobil dan berhenti di Rumah Makan daerah Kab Pulang Pisau pukul 13.00 wib untuk makan siang dan sholat dhuhur.

Pada pukul 13.45 wib diperkirakan sudah berada di Desa Belanti Siam Kab Pulang Pisau dan melaksanakan kegiatan sampai pukul 15.30 wib. Kemudian pukul 16.00 wib Presiden RI menuju ke Bandara Cilik Riwut Palangka Raya.

Pada pukul 17.00 wib diperkirakan pesawat Kepresidenan take off menuju Halim Perdana Kusuma Jakarta.
Fahrizal Fitri (Sekda Prov Kalteng) mengatakan :

Rute perjalanan dari bandara menuju Kantor Gubernur telah disiapkan dengan kordinasi Polda dan Paspamres. Pihaknya juga telah mempersiapkan data dan paparan di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng.

Terkait kunjungan ke Dadahup, Kab Kapuas ada 3 titik helipad yang sudah disiapkan. Dari helipad ke lokasi acara berjarak hanya 100 meter yang akan ditempuh dengan menggunakan angkutan 25 unit sepeda motor yang sudah disiapkan

Di Lokasi kunjungan juga terdapat Puskesmas cadangan dengan fasilitas ICU dan restroom.

Sebelum berlangsung kunjungan tersebut, pihaknya bekerjasama dengan BIN, Polda dan Korem 102 akan melaksanakan kegiatan rapid tes massal di sekitar lokasi kunjungan.

Kolonel Sus Sumarno (Sesmilpres Biro PAM) mengatakan meminta ada dukungan Helikopter di wilayah Kalteng supaya ada tim yang dapat berangkat lebih awal. Diharapkan ada pembedaan helipad yang akan digunakan presiden RI dengan tim pendukung.

Kolonel Iwan (Asops pangdam XII/TPR) mengatakan saat ini unsur heli kontijensi milik Kodam XII/TPR mengalami perbaikan dan akan didukung heli kontijensi milik Kodam II Diponogoro yang berada di Semarang.

Heru Budi Hartono (Kepala Sekretariat Presiden) mengatakan :
a. Semua langkah dan kegiatan diatur oleh protokol Kepresidenan RI dan termasuk Menteri yang mendampingi serta semua unsur untuk menjaga jarak aman dengan Presiden karena Paspampres akan melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan.
b. Diharapkan tidak ada acara tambahan dari Menteri maupun Daerah karena pada pukul 16.30 wib Heli yang digunakan Presiden dari kunjungan diharapkan sudah sampai kembali ke titik awal demi keselamatan Presiden R.I.

Pewarta : Tim/Red
Sumber :. Yayat Biro Protokol k . Kepresidenan RI
Editor. :. Hendrik Panjaitan.

Redaksi Palangka News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *