Kunci Tambahan, Untuk Cegah Pencurian Honda BeAT 2021

Kunci Tambahan, Untuk Cegah Pencurian Honda BeAT 2021

Palangkanews.co.id || Jepara, 15/6/2021 Belakangan kasus pencurian motor kerap terjadi di lingkungan tempat tinggal, hal ini dikarenakan ada kesempatan untuk bertindak. Motor yang kerap menjadi favorit untuk digasak oleh pencuri salah satunya Honda BeAT 2021.

Alasannya karena populasinya banyak dan cepat terjual di pasar gelap. Nah supaya tak menjadi korban pencurian moktor, ada baiknya  Anda sebagai pemilik kendaraan memberikan kunci tambahan pada kuda besi kesayangan.



Sama – sama kita ketahui berkat perkembangan teknologi kini ada banyak jenis kontak motor dari yang awalnya hanya sebuah anak kunci berlanjut dengan pengaman magnet dan kini keyless. Beberapa jenis kunci tentunya sudah dipelajari oleh pelaku pencurian untuk dibobol. Kasus pencurian tertinggi ada pada motor yang menggunakan kunci kontak pengaman magnet, terlebih jika motor jenis skutik. Biasanya pelaku curanmor menggunakan alat bantu kunci letter T untuk membobol kunci magnet dan kunci kontak dengan kurun  waktu yang terbilang kilat.

Belajar dari pengakuan para pelaku curanmor yang tersebar di media sosial tentunya kita harus bisa mengantisipasi untuk memperlambat pelaku dalam menjalankan tindakan pencurian.

Salah satu caranya adalah kunci setang menghadap kanan. Cara ini cukup menyulitkan pelaku curanmor untuk membobol kunci kotak karena terhalang setang kemudi.

Itu hanyalah salah satu trik saja, namun akan lebih aman jika Anda menambahkan kunci pengaman ekstra kala memarkirkan sepeda motor.Ragam kunci pengaman tambahan yang bisa dipakai :

1. Gembok

Ada banyak jenis gembok yang bisa digunakan untuk kunci tambahan, ada gembok cakram dan ada juga gembok yang biasa digunakan untuk mengunci gerbang pagar rumah.

Penggunaan gembok ini biasanya terletak di piringan rem cakram, namun ada juga yang menggunakan di gir belakang. Alhasil cakram atau gir tadi tak bisa berputar karena terhalang gembok.

2. Alarm Motor

Alarm motor untuk semua jenis motor.
Alarm menjadi salah satu pengaman yang sangat membantu, pasalnya setiap alarm biasanya dilengkapi dengan suara yang bisa membuat maling resah.

Dalam pemasangan alarm dihubungkan dengan kelistrikan pada sepeda motor, selain penempatan alat yang tidak terlihat dari luar, letak alat ini juga harus aman dari air, semisal dibagasi bawah jok motor atau di dalam bodi depan.

Alarm ini dilengkapi dengan sensor gerak, jadi ketika maling menggerakkan motor atau saat sedang berusaha membobol kunci kontak, alarm akan berbunyi kencang untuk menarik perhatian sekitar.

3. Kunci Rahasia

Seperti namanya, tak ada orang yang tahu di mana letak alat ini selain kita si pemilik motor. Otomatis, tidak ada orang lain yang bisa menyalakannya kecuali dia sudah mengetahui di mana letak kunci rahasia ini diletakan.

Seperti halnya alarm, kunci rahasia juga berhubungan dengan kelistrikan. Bedanya, kunci rahasia bisa dibuat dengan mengambil jalur kabel negatif kelistrikan motor.

4. Grip Lock

Penguncian pada handle rem dan hand grip gas.

Seperti hapencuriano gembok pengaman, grip lock bisa terlihat jelas oleh pelaku penc kendaraan. Namun penggunaan grip lock bisa mengulur waktu, pasalnya alat ini akan mengunci handel rem kanan ke handle grip gas.

Dengan begitu gas dan handel rem motor tidak bisa digunakan tanpa membuka kunci grip lock. Selain itu kalau mau dipaksa didorong pun akan sulit, karena rem depan juga aktif.

5. Baut Dan Mur

Alat bantu yang satu ini terbilang murah. Baut dan mur dengan ukuran lubang ring cakram bisa kalian manfaatkan untuk mengunci laju roda depan motor matic. Jadi motor pun tak akan bisa dipakai meski kunci kontak sudah berhasil dibobol.

Kesimpulan dari beberapa alat tersebut hanyalah menjadi alat bantu untuk memperlambat pelaku pencurian motor, oleh karena itu Anda sebagai pemilik motor wajib meletakan motor di tempat yang aman dan tentunya tidak di pinggir jalan.

Pewarta : Puji S

Redaksi Palangka News