KTNA Jepara Dorong Kemandirian Wanita Tani Di Masa Pandemi

KTNA Jepara Dorong Kemandirian Wanita Tani Di Masa Pandemi

Palangkanews.co.id | Jepara – 20/2/2021 Tak terelakkan bahwa Covid19 mengakibatkan dampak dan pengaruh yang luar biasa dalam tatanan sosial dan ekonomi. Pertumbuhan negatif perekonomian nasional berdampak pada PHK masal dan hilangnya pekerjaan bagi banyak kaum laki-laki sebagai tulang punggung ekonomi keluarga. Tak jarang hal ini menjadikan beban untuk mencukupi kebutuhan keluarga berpindah kepundak seorang Istri. Bahkan sampai pada hancurnya bahtera rumah tangga.

Tapi gambaran diatas tidak terjadi dikeluarga Para Petani di Negeri ini. Hal ini terungkap saat Silaturrahiem Forum KWT (Kelompok Wanita Tani) Jepara dengan KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Jepara yang diterima Langsung oleh Ketua Umum Eman Pramono AR dan Wakil Ketua Ashari di Sekretariat KTNA Jepara. GraShima Jl. Soekarno Hatta No 16 Senenan Jepara.

Nurul Afifah Ketua KWT Alif Sinanggul, merasa bangga mampu menggerakan Wanita Tani di Desanya untuk berkegiatan produktif menghasilkan produk olahan Sirup Sereh dan Stik Kelor. ” Saat ini tiap hari rata-rata kami mendapatkan pesanan 50 botol Sirup Sereh dari Jepara dan luar Jepara, kami senang bisa menjadi bagian dari solusi disaat pandemi untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi keluarga kami”

Kita patut bersyukur hidup di desa saat pandemi ini, kuncinya mau obah, banyak potensi sumber daya pertanian kita yang bisa diolah menjadi makanan dan minuman serta jamu-jamu tradisional yang dibutuhkan pasar Dan para KWT Jepara telah membuktikan ditengah pandemi semakin kreatif dan produktif, Ujar Eman Pramono AR dalam arahan yang disampaikan pada pertemuan Silatureahim Forum KWT dan KTNA Jepara.

Disepakati atas permintaan Forum KWT Jepara. KTNA akan memfasilitasi Pelatihan Pembuatan Kemasan dan Branding Produk UMKM serta Pemasaran Bersama baik on line maupun off line.

Puji Sumono
Kaperwil Jateng

Redaksi Palangka News