Korupsi Dana Desa, Mantan Kades Ditahan Kejari Minahasa

Korupsi Dana Desa, Mantan Kades Ditahan Kejari Minahasa

Palangkanews.co.id || Jepara 20/6/2021 Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Minahasa menahan mantan Kepala Desa (Kades) berinisial AM (59) yang diduga terlibat kasus korupsi Dana Desa (DD) sebesar Rp. 500 juta pada Tahun 2019. Desa Hukumtua Sendangan Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara.

Hal ini disampaikan Kajari Minahasa Rahman Taufani, SH, MH didampingi Kasi Pidsus Tira Agustina, SH, MH dan Kasi Barang Bukti M. Reza Prasetya, SH, MH saat konferensi pers di Kantor Kejari Minahasa, Jumat (18/6/21).

“Dugaan korupsi yang mengakibatkan kerugian negara sebesar 490 hingga 500 juta rupiah,” jelas Taufani.

Sementara kronologi penangkapan, menurut Kajari berawal dari laporan temuan APID pada bulan Februari Tahun 2020 yang diserahkan kepada pihak Kejaksaan dan langsung ditindaklanjuti oleh penyidik Kejari Minahasa dengan melakukan penyelidikan yang menemukan dua alat bukti perkara.

Selanjutnya, pihak penyidik melakukan upaya-upaya dengan memberikan kesempatan kepada tersangka dalam pengembalian kerugian Negara.

Namun upaya tersebut tidak diindahkan tersangka dengan tidak koopratif, bahkan tersangka melarikan diri.

“Akhirnya kami menetapkan tersangka tanggal 17 Februari 2021 dan juga sebagai DPO Kejaksaan. Pada Kamis 17 Juni 2021 malam, kami menangkap tersangka,” kata Kajari Minahasa.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Undang-Undang Tipikor dengan masa tahanan sekurang-kurangnya 4 tahun. 

Pewarta : Puji S

Redaksi Palangka News