Kopi Pengaron Kopinya Orang Banjar.

Kopi Pengaron Kopinya Orang Banjar.

Palangkanews.co.id – Kopi pembawa nikmat dalam pergaulan dari turun temurun sejak.jzman.perang tapi ada beda lagi Kopi Pengaron merupakan salah satu kopi khas kalimantan Selatan yang namanya diambil dari nama sebuah kecamatan di kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Indonesia tempat kopi tersebut biasa ditanam.4/7/20

Kopi Pengaron merupakan kopi yang termasuk dalam kelompok kopi robusta dan cenderung lebih berbody dengan karakteristik rasa earthy, cocoa, dan nutty.

Berbeda dengan kopi lainnya yang biasa tumbuh di daerah dataran tinggi, Kopi Pengaron biasa ditanam dengan ketinggian kontur tanah hanya sekitar 300 Meter di atas permukaan laut dengan jarak antar pohon kurang lebih 4 Meter.

Memiliki rasa dan aroma yang cukup kuat, kopi pengaron memiliki cita rasa yang tidak terlalu pahit dan tidak terlalu asam.

Kopi Pengaron biasa dijual di desa Pasar Jati Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan dalam Kemasan plastik bening berbagai ukuran dengan harga yang cukup terjangkau.

Kopi Pengaron biasanya dijual sudah dalam bentuk bubuk untuk mempermudah konsumen dalam proses penyeduhan.

Kopi Pengaron masih sering diolah menggunakan metode dan peralatan tradisional.

Kopi Pengaron sudah tumbuh di Kalimantan Selatan sejak ratusan tahun silam hingga kini dibudidayakan oleh beberapa petani Kalsel.

” Kopi ini barat nanar dingsanak ae, nyaman di hirup rasa katagihan Mun kada minum kopi ulahan Banjar.” Ujar Julak Udin.

Pewarta : Yulianda
Sumber. : Komunitas Kopi Banjar
Editor. :. Hendrik Panjaitan

admin

admin