Konferedasi KASBI-FSPM-FSPIP Demo Tuntut Kenaikan UMK Ke DPRD Jepara

Konferedasi KASBI-FSPM-FSPIP Demo Tuntut Kenaikan UMK Ke DPRD Jepara

palangkanews.co.id || Jepara, 26/10/2021 Konfederasi KASBI (Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia), FSPMI (Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia) dan FSPIP (Federasi Serikat Pekerja Indonesia Perjuangan), pengurus dan anggota dari Federasi Serikat Buruh dan Pekerja Jepara, menggelar aksi tuntutan kenaikan Upah Mininum Kabupaten (UMK) tahun 2022. Aksi berlangsung di halaman depan gedung DPRD Kabupaten Jepara Jl. Pemuda No.106, Jepara Jawa Tengah. Selasa (26/10/2021).

Gelaran aksi damai dimulai pukul 09.00 wib, diikuti tiga Serikat Buruh, pengurus dan anggota dari Federasi Serikat Pekerja Indonesia Perjuangan (FSPIP) Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Tampak hadir anggota dan pengurus dari PUK “Pimpinan Unit Kerja” yang ada di PT. Hwaseung Indonesia (HWI) dan PT. Parkland World Indonesia (PWI).

Karmanto, SH, MH
selaku Ketua DPP KASBI memberi instruksi langsung kepada KASBI Kabupaten Jepara untuk ikut aksi perjuangan dengan agenda tuntutan kenaikan UMK Kabupaten Jepara sebesar 15%

FSPMI (Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia) dalam selebaran Press Release menuntut agar :

(1). Tetapkan kenaikan UMK Jepara tahun 2022 diatas 10%.

(2). Batalkan UU No. 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja

(3). Cabut PP No. 36 Tahun 2021 Tentang Pengupahan.

(4). Berlakukan PKB Perjanjian Kerja Bersama (PKB) tanpa Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Tuntutan realistis ini setelah melalui Survey KBPL (Kebutuhan Bulanan Pekerja Lajang) oleh FSPMI di 4 Pasar Kalinyamatan, Welahan, Mlonggo, dan Bangsri di Kabupaten Jepara.

FSPIP – KASBI Kabupaten Jepara menginstruksikan agar memperjuangkan UMK 2022 Kabupaten Jepara Wajib Naik 15 %.

Dalam aksi oleh serikat buruh dan pekerja, peserta aksi sempat ditemui oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara Haizul Ma’arif, Wakil Ketua Pratikno dan didampingi oleh Khoirun Ni’am Sekretaris Komisi C dan Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan PPP, sedangkan dari pihak eksekutif Sekda, dan Dinas Ketenagakerjaan.

Haizul Ma’arif, memberikan keterangan bahwa akan mengambil langkah-langkah yaitu :

(1). Mengawal aspirasi serikat buruh dan serikat pekerja Kabupaten Jepara.

(2). Perhitungan UMK Kabupaten Jepara Tahun 2022, sesuai regulasi.

(3). Skema penetapan kenaikan UMK melibatkan Dewan Pengupahan dan DPRD Kabupaten Jepara.

“Secara kelembagaan saya akan memperjuangkan aspirasi dari teman-teman buruh dan pekerja, sesuai dengan mekanisme dan regulasi yang diatur,” pungkas Haizul Ma’arif yang akrab disapa Gus Haiz.

Tampak dilokasi personil kepolisian dari Polres Jepara, ikut mengamankan gelaran aksi oleh FSPIP – KASBI dan FSPMI. Aksi cukup berlangsung damai dan simpatik.

(Puji S)

Redaksi

Redaksi