Komoditi Harga Rotan dan Karet, Anjlok Masyarakat Petani Menjerit.

Komoditi Harga Rotan dan Karet, Anjlok Masyarakat Petani Menjerit.

Palangkanews.co.id || Dunia Perkebunan masyarakat lokat Rotan dan Karet anjlok hal ini hasil reses sejumlah anggota DPRD Kalteng didaerah di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Masyarakat mengeluhkan harga komoditi rotan dan karet yang sampai saat ini masih belum ada peningkatan oleh sebab itu, masyarakat mengharapkan agar ada kebijakan dan terobosan dari Pemerintah untuk bisa menstabilkan harga kedua komoditi tersebut.

Keluhan harga terhadap kedua komoditi tersebut disampaikan masyarakat dari sejumlah desa di Kabupaten Katingan kepada Anggota DPRD Kalteng saat melaksanakan reses ke daerah, belum lama ini, Senin (28/6/2021). Menurut Anggota DPRD Kalteng dari Daerah Pemilihan (Dapil) I meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas (Gumas) dan Kota Palangka Raya Natalia mengatakan, saat reses perseorangan masa persidangan I tahun sidang 2021 yang lalu, pihaknya banyak menerima aspirasi serta usulan dari masyarakat di daerah.

Salah satunya di bidang perekonomian, dimana masyarakat dari Desa Buntut Bali, Tumbang Baraoi dan Hampalit mengusulkan peningkatan harga rotan dan karet. “Saat kita reses masyarakat dari ketiga daerah ini mengharapkan ada peningkatan harga dari kedua komoditi ini. Karena kedua komoditi ini merupakan hasil kebun masyarakat dan harga jualnya masih sangat rendah,” kata Natalia saat menyampaikan hasil reses pada Rapat Paripurna di gedung dewan, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dikatakan, dampak dari rendahnya kedua komoditi ini para petani di daerah itu enggan untuk memanen hasil produksi dari kedua komoditi itu dan beralih ke usaha lain. “Dampaknya cukup serius karena banyak masyarakat yang beralih untuk berusaha dengan menambang liar secara illegal. Ini patut menjadi perhatian pemerintah ke depannya,” harap Anggota Komisi II DPRD Kalteng yang membidangi Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) ini.

Pewarta : Hadiboy
Sumber : Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Redaksi Palangka News