Komisi III DPRD Tabalong Kalsel bersama Dinas PUPR Barut Tinjau Jembatan dan Pusat Pendidikan Islam

Komisi III DPRD Tabalong Kalsel bersama Dinas PUPR Barut Tinjau Jembatan dan Pusat Pendidikan Islam

Palangkanews.co.id | Muara Teweh – Komisi III DPRD Tabalong Kalimantan Selatan (Kalsel) meninjau secara lansung pembangunan jembatan penyeberangan yang menghubungkan Kota Muara Teweh dengan Kelurahan Jingah / Jambu dan Islamic Center Kecamatan Teweh Baru, Jumat (26/2/2021).

Peninjauan Komisi III DPRD Tabalong didampingi Sekretaris Dinas (Sekdis) PUPR Simamoradurahman beserta beberapa Kepala Bidang (Kabid) Dinas PUPR.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Tabalong H Hanafi Gobet saat meninjau lapangan mengatakan, pada hari kedua melaksanakan peninjauan lapangan dengan keterkaitan pada hari pertama kunjungan kerja (Kunker) koordinasi masalah Tata Ruang Perkotaan.

“Sesuai dengan rencana pemerintah pusat untuk memindah Ibu Kota Negara ke DPU, otomatis Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan dan Kabupaten Barito Utara menjadi penyangga Ibukota. Kita mempunyai RTRW, cuman RTRW kita tahun 2014, otomatis harus berubah karena terkait dengan pemindahan Ibu Kota Negara,” ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya merasa puas dan sangat bangga terhadap Kabupaten Barito Utara karena jembatan dan Islamic Center adalah salah satu Icon dari Kabupaten Barito Utara bisa mendirikan sebuah masjid yang cukup megah dengan dana pribadi untuk Islamic Center dan pembuatan jembatan penyebrangan masyarakat di danai dengan APBD murni daerah.

“Bangga terhadap Kabupaten Barito Utara dimana letaknya sangat jauh dan di ujung hulu Barito,” ujarnya.

Harapan kedepannya ujar H Hanafi Gobet antara Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Barito Utara bisa bersinergi dalam hal pembangunan dalam membangun daerah masing-masing dan kita bisa bersama-sama menjadi penyangga ibu kota negara.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas PUPR Barito Utara Iman Topik mengatakan, Pemerintah Kabupaten Barito Utara menyambut baik kegiatan tinjau lapangan yang dilakukan oleh komisi III DPRD Kabupaten Tabalong terhadap beberapa obyek pembangunan di Barito Utara khususnya Kota Muara Teweh yang merupakan agenda dari kunjungan kerja 2 hari dalam pengembangan rencana wilayah Kabupaten Barito Utara sebagai penyangga ibukota negara.

“Beberapa icon kota seperti jembatan penyeberangan dan pembangunan Islamic Centre menjadi sasaran atas kunjungan lapangan, yang mana pembangunan tersebut merupakan ikon dari kemajuan pembangunan diwilayah Kota Muara Teweh khususnya sektor infrastruktur,” kata Kadis PUPR M Iman Topik.

Selain itu juga, menginggat pembangunan jembatan tersebut tidak hanya menjadi icon, namun lebih merupakan sebagai sebuah kebijakan strategis dari bapak Bupati Barito Utara H Nadalsyah yang ingin memberikan akses untuk warga masyarakat yang berada diwilayah Kecamatan Teweh Baru, khususnya Kelurahan Jambu dan Jinggah serta beberapa desa dan kecamatan lainnya dapat memanfaat jembatan tersebut untuk memperpendek akses menuju Ibu Kota Barito Utara Muara Teweh.

“Dengan tersedianya sarana yang lebih dekat, diharapkan pembangunan dan perkembangan kota yang berada diseberang sungai Barito akan maju lebih baik lagi, berikut juga perkembangan dan pertumbuhan ekonomi akan bergulir dan tumbuh berkembang lebih baik,” tukasnya.

Ditambahkannya, dengan keindahan Islamic Centre yang megah dibangun tidak saja menjadi sarana pengembangan pengembangan ibadah, namun juga menjadi sarana wisata religi yang dapat dinikmati oleh seluruh warga Barito Utara maupun warga yang tengah berada di Muara Teweh.

Pewarta : Red pknews
Sumber : Kadispuprbarut/ari/kh1

Redaksi Palangka News