Kodam XII/Tpr Kembali Laksanakan Donor Darah

Kodam XII/Tpr Kembali Laksanakan Donor Darah

Pontianak – Wabah virus corona atau COVID-19 membuat banyak pihak tergerak melakukan berbagai hal untuk bersama-sama mengatasi pandemi ini. Para prajurit Kodam XII/Tanjungpura pun tak ketinggalan melakukan berbagai upaya terkait pencegahan maupun penanganan kasus virus corona. Salah satunya hari ini prajurit Kodam XII/Tpr kembali melaksanakan kegiatan donor darah di Palang Merah Indonesia Kota Pontianak, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pontianak, Senin (20/04/20).

Donor darah diikuti sebanyak 20 personel Kodam XII/Tpr. Yang dipimpin oleh Wakil Kepala Kesehatan Kodam (Wakakesdam) XII/Tpr, Letkol Ckm dr. Sumanta Sembiring, Sp.B. Kegiatan donor darah ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan dan berpedoman pada protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Wakakesdam XII/Tpr, Letkol Ckm dr. Sumanta Sembiring, Sp.B., menyampaikan, diketahui dalam masa pandemi Covid-19 ini persediaan darah di PMI sangat menipis. Dalam konteks itu, Kodam XII/Tpr sesuai dengan Surat Telegram Kasad diperintahkan untuk membantu PMI mengatasi kekurangan persediaan darah untuk menghadapi pandemi Covid-19.

Letkol Ckm dr. Sumanta Sembiring, Sp.B., menyampaikan selain untuk membantu PMI, donor darah ini juga bermanfaat untuk orang lain dan diri kita sendiri atau pendonor. Dengan donor darah akan memperbaiki kesehatan fisik, dimana darah yang dikeluarkan akan diganti segera oleh sunsum tulang kita sehingga tubuh akan memproduksi sel – sel darah merah baru.

“Dan yang paling penting dalam donor darah ini adalah kita peduli terhadap sesama. Dengan manfaat, setetes darah kita dapat menyelamatkan jiwa saudara – saudara kita yang membutuhkan,” katanya.

Sedangkan Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Pontianak, dr. Sidiq Handanu Widoyono, M.Kes., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangdam dan jajarannya yang telah membantu PMI dengan melaksanakan kegiatan donor darah.

“Di tengah pandemi Covid-19 memang produksi darah kita mengalami penurunan yang cukup tajam, untuk itu terima kasih atas bantuan dan peran serta dari Kodam XII/Tpr menyumbangkan darahnya sehingga kebutuhan darah di UDD PMI Kota Pontianak dapat terpenuhi,” ucapnya.

Selanjutnya juga menyampaikan dari hasil donor darah dari para prajurit Kodam XII/Tpr akan digunakan PMI untuk membantu masyarakat atau pasien di rumah sakit yang membutuhkan darah.

dr. Sidiq Handanu Widoyono, M.Kes., juga mengapresiasi Kodam XII/Tpr yang selama ini telah bekerja sama secara rutin membantu PMI memenuhi kebutuhan darah baik pada saat bulan puasa maupun pada saat hari – hari biasa.

“Setiap tiga bulan sekali dari Kodam selalu memberikan darahnya untuk di donorkan bagi masyarakat di PMI Kota Pontianak,” tutupnya. (Pendam XII/Tpr)

admin

admin