Ketua MPC Pemuda Pancasila Jepara Pimpin Langsung Diklatsus

Ketua MPC Pemuda Pancasila Jepara Pimpin Langsung Diklatsus

Palangkanews.co.id | Jepara, 13/4/2021 Kegiatan Diklatsus atau Pendidikan Latihan Khusus untuk anggota MPC dan URC ( Unit Reaksi Cepat ) Wilayah Tengah diselenggarakan oleh MPC Pemuda Pancasila Jepara dan dipimpin langsung oleh Ketuanya Murdiyanto, SH dan Ketua URC Jepara Sunarso.

Peserta kegiatan Diklatsus, Minggu, 11/4/2011, sebanyak 20 personil dari anggota MPC dan 30 personil dari unit URC Pemuda Pancasila dengan materi fisik, kedisiplinan, sensivitas kebencanaan, kesigapan, kerjasama, kekompakan, penyelamatan dan tanggap darurat bencana. Instruktur Rescue dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Fendi Irawan dan Saiful Azis dari Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan dan Choirul Anam dari Seksi Kedaruratan dan Logistik.

Dalam sambutannya saat Apel pembukaan Ketua MPC PP Jepara, Murdiyanto SH mengatakan “Diklatsus URC di adakan sebagai kegiatan pembekalan calon anggota UTC di wilayah tengah agar mempunyai loyalitas, dedikasi yang tinggi dalam menjaga marwah organisasi” ujarnya

Di Jepara di bentuk tiga Unit Reaksi Cepat, yaitu URC Wil Tengah, URC Wil Selatan dan URC Utara. Meruapakan unit yang dapat digerakan dengan cepat apabila organisasi membutuhkan. Maksimal dalam waktu 30 menit bisa berkumpul 100 sampai 200 anggota Unit Reaksi Cepat” imbuhnya.

Pemuda Pancasila Kabupaten Jepara, bisa berkompeten dan mengasah kemampuan, dalam hal kesiapsiagaan, menanggulangi dan mencegah bencana, serta penyelamatan dan pencarian korban bencana, sebagai kemampuan anggota MPC Pemuda Pancasila, yang nanti bisa berguna bagi kegiatan tanggap bencana,” pungkas Murdiyanto

Kegiatan berlangsung di Stadion Gelora Bumi Kartini pukul 07.00 wib dan dilanjutkan di pulau panjang. Kegiatan berakhir pukul 23.00 wib dengan memberikan Sertifikat dan dan prosesi penyiraman air keramat kepada peserta anggota. Kegiatan juga melibatkan dan dibantu oleh Danramil dan anggota Koramil 01/Jepara dan Kanit Binmas Polsek Jepara Kota.

Puji Sumono
Kaperwil Jateng

Redaksi Palangka News