Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalteng Ivo Sugianto Sabran Ikuti Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke – 59 Tahun 2020

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalteng Ivo Sugianto Sabran Ikuti Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke – 59 Tahun 2020

Palangkanews.co.id – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ivo Sugianto Sabran mengikuti upacara secara virtual dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke – 59 Tahun 2020. Upacara diikuti secara virtual dari Aula Serba Guna Istana Isen Mulang , Rabu (12/08/2020).

Upacara dipimpin langsung oleh pembina upacara Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka. Peringatan Hari Pramuka Tahun ini mengambil Tema Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulanagan Bencana Covid-19 dan Bela Negara.

( Baca Juga: Kunjungi Lokasi Kebakaran di Flamboyan Bawah, Gubernur Kalteng Serahkan Bantuan Untuk Korban )

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalteng Ivo Sugianto Sabran Ikuti Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke – 59 Tahun 2020
Presiden RI Joko Widodo saat menyampaikan arahan dalam Upacara Peringatan Hari Pramuka ke – 59 Tahun 2020

Dalam arahannya, Presiden RI Jokowi menyampaikan pramuka Indonesia diharapkan selalu menciptakan yang tangguh menghadapi setiap tantangan, disiplin dalam bertindak, tidak gentar dalam menghadapi rintangan, selalu peduli, siap berkorban untuk sesama.

“Di era pandemi Covid-19 sekarang ini jiwa dan karakter seperti yang kita sembunyikan. Kita disiplin mengikuti protokol kesehatan, disiplin disiplin, menjaga jarak dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama melaksanakannya. Kita harus selalu peduli terhadap masyaraka sekitar, peduli sesama sesama sesama, kita harus saling membantu gotong royong menyelesaikan masalah bersama ”, imbuh Jokowi.

Presiden Jokowi juga meminta, pramuka Indonesia untuk membuat 2 gerakan Nasional, pertama gerakan kedisiplinan Nasional yang mengajak semua masyarakat disiplin mengikuti protokol kesehatan dan kedua, membuat gerakan kepedulian Nasional yang mengajak untuk saling peduli dan saling berbagi.

“Dua gerakan ini bukan hanya untuk membantu penanganan nasional akibat pandemi, tapi 2 gerakan tadi akan meningkatkan mengasah jiwa dan kepemimpinan karakter dalam memperdalam jiwa pramuka sejati tertuang dalam Dwi Darma, Tri Satya, Dan Dasa Darma Pramuka”, tutur Jokowi.

Selain mengingatkan pentingnya kedisiplinan dan kepedulian, Presiden Jokowi juga mengingatkan akan pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Presiden juga berpesan kepada seluruh anggota pramuka agar giat belajar dan agar menjadi SDM yang hebat.

“Belajarlah, kuasai ilmu teknologi yang cepat, jadilah SDM Indonesia yang hebat, yang cepat tanggap dan cerdas. Ketangguhan harus dibuktikan dalam menciptakan ilmu pengetahuan, jadilah masa depan yang mencerahkan, terus membangun harapan untuk membangun Indonesia maju yang kita citakan bersama-sama, ”tutup Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka Jokowi.

Peserta diikuti oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Ketua Kwartir Daerah, Kwarting Cabang dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se-Indonesia.

Pewarta :Tim.Lisa end Nur
Sumber : Humprovkalyeng/WDY / Asep)
Ed/Ad. : Syaiful

admin

admin