KETUA KWARDA GERAKAN PRAMUKA KALTENG HADIRI PEMBUKAAN RAKERNAS 2021 MELALUI VIDEO CONFERENCE

KETUA KWARDA GERAKAN PRAMUKA KALTENG HADIRI PEMBUKAAN RAKERNAS 2021 MELALUI VIDEO CONFERENCE

Palangkanews.co.id | Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran menghadiri Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka Tahun 2021 secara daring melalui video conference di Aula Serba Guna (Aserna) Istana Isen Mulang (IIM) Palangka Raya, Selasa (9/3/2021).

Rakernas mengusung slogan “Berbakti Tanpa Henti”, senada dengan tema besar Peringatan 60 Tahun Gerakan Pramuka pada 2021 ini. Adapun sejalan dengan tema Rakernas 2021 “Pramuka Berbakti Tanpa Henti dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Gerakan Kedisplinan dan Kepedulian Nasional”, kegiatan skala nasional tersebut digelar secara luring atau tatap muka terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat dan secara daring karena kondisi yang tidak memungkinkan, yakni pandemi Covid-19.



Rakernas dilaksanakan secara tertutup dengan peserta para Pimpinan Kwartir Nasional (Kwarnas) dari Taman Rekreasi Wiladatikta (TRW) Cibubur Jakarta, serta Andalan Nasional dan para Pengurus Kwarda Gerakan Pramuka dari lokasi masing-masing.

Rakernas 2021 hari ini didahului dengan Rapat Paripurna Andalan Nasional di Gedung Sarbini Jakarta dengan agenda pengarahan dari Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso. Selanjutnya, kegiatan dirangkai dengan prosesi Peringatan Hari Tunas Gerakan Pramuka oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Nasional (Pusdiklatnas). Sebelumnya, telah digelar Sidang Paripurna Nasional (Sidparnas) 2021 pada 7-8 Maret 2021.

Pembukaan secara resmi Rakernas 2021 sendiri dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali secara daring dari Lantai 9 Gedung Kemenpora RI Jakarta.

Dalam sambutannya, Menpora Zainudin Amali kembali menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo mengenai Gerakan Disiplin Nasional dan Gerakan Kepedulian. Menpora meminta kedua gerakan tersebut terus diimplementasikan di tengah masyarakat, sehingga diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. “Pesan Bapak Presiden Joko Widodo, yakni mengenai Herakan Disiplin Nasional dan Gerakan Kepedulian. Ini jadi pedoman kita untuk diimplementasikan di lapangan,” tegas Menpora Zainudin Amali.

Lebih lanjut, dikatakan Menpora, pemerintah saat ini menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro untuk menekan penyebaran virus Covid-19. “Sekitar setahun negeri ini dilanda pandemi Covid-19. Banyak negara di dunia mengalami hal serupa. Dan, melalui arahan Presiden, Indonesia saat ini menetapkan PPKM skala mikro,” jelasnya.

Menpora menilai hasil dari langkah tersebut terlihat baik dan efektif, bersamaan dengan dilakukannya program vaksinasi untuk masyarakat. “Meski demikian, melalui gerakan Pramuka ini, saya minta sampaikan kepada masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan,” imbau Menpora Zainudin Amali.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 membuat kegiatan pramuka menjadi terbatas. “Karena itu, Rakernas dilakukan secara daring dan ada yang hadir secara langsung atau luring dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” jelasnya seraya menambahkan bahwa Jambore Nasional yang sedianya digelar tahun 2021 ini juga akan diundur pelaksanaanya pada 2022 mendatang.

Pembukaan Rakernas 2021 dirangkai pula dengan Peluncuran Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka oleh Pusat Informasi Nasional (Pusinfonas) yang dilanjutkan dengan Sidang Pleno I dan II serta Sidang Pleno I-IV. Rakernas 2021 yang mengagendakan laporan kegiatan dan program kerja Kwarnas tahun 2020 serta pemaparan program kerja Kwarnas tahun 2021 dan 2022 tersebut dijadwalkan ditutup besok, Rabu (10/3/2021), oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka.

Sementara itu, sejumlah pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng tampak hadir mendampingi Ketua Kwarda Ivo Sugianto Sabran di Aserna IIM Palangka Raya hari ini, antara lain Ketua Harian Ibnu Elmi Achmad Slamat Pelu, Kepala Sekretariat dan Dewan Kerja Daerah (DKD) A. Sidik, Wakil Ketua Bina Muda Mofit Saptono, Wakil Ketua Bina Wasa Bambang Mantikei, Bendahara Maya Safitri, Wakil Sekretaris Noorhani, Kapusdiklat Kahidayat, serta Andalan Daerah Bidang Keuangan Emy Anggraeni.

Pewarta : Asmawatie pknews Kalteng
Sumber : biroadpimprovkalteng/ran/sop/dmr/liputan pknews

Redaksi Palangka News